Pelayanan Pos Pelayanan Terpadu

282
ilustrasi. net

eQuator – Sukadana-RK. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Kayong Utara (KKU), terbukti berguna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar atau sosial dasar. Khususnya dalam penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

“Untuk menghasilkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan berkualitas, perlu disiapkan sejak dalam kandungan dan dijaga sejak lahir. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dengan penyediaan pelayanan kesehatan dan peningkatan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan,” ungkap Hj Diah Permata Hildi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) KKU, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya kader Posyandu yang sebagian besar merupakan anggota PKK, mempunyai tugas yang mulia. Kader diharapkan dapat berperan sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat, penggerak masyarakat untuk penyampaian pesan-pesan kesehatan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kader juga dapat berperan sebagai orang yang pertama kali menemukan jika ada masalah kesehatan di daerahnya, segera melaporkan ketenaga kesehatan setempat.

“Kader juga merupakan penghubung antara masyarakat dengan tenaga kesehatan, karena kader selalu berada ditengah-tengah masyarakat. Selain itu, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di Posyandu dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan kader, adanya kegiatan jambore kader Posyandu ini, agar Posyandu dapat beroperasional sesuai dengan fungsinya,” jelas Hj Diah Permata Hildi.

Ia mengharapkan kader Posyandu sering mengikuti kegiatan sosialisasi kesehatan dan pemberdayaan kaum hawa lainnya. Sebab dapat menjadi sumber informasi dan inovasi dalam pengembangan Posyandu. “Sehingga diharapkan dapat menjadi pemicu dan dapat berperan optimal sesuai tugasnya, agar pengembangan Posyandu aktif benar-benar berhasil,” pungkasnya. (lud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here