Pasukan Penjemput Rizieq

39
HOAX

eQuator.co.id – POLEMIK kepulangan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab masih menjadi bahan hoax sejumlah blog clickbait. Mereka membuat artikel palsu tentang kepulangan Rizieq. Pasarnya jelas, berharap diklik para pendukung Rizieq.

Kelakuan itulah yang dilakukan sejumlah blog. Di antaranya radarsejagat.com dan portal-militer212.blogspot.com. Dua blog itu kompak membuat berita palsu tentang Sultan Brunei Hassanal Bolkiah yang menawari pasukan khusus untuk mengawal Rizieq ke Indonesia.

“Sengkarut masalah ulama di Indonesia begitu menyita perhatian Sultan Brunei. Termasuk yang dialami oleh pemimpin besar FPI Habib Rizieq. Bahkan, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah melalui Komandan Sahibul Bahari bin Haji Zainal Abidin yang merupakan Komandan KDB Darrutaqwa (Kapal Perang Angkatan Laut Brunei) menawarkan satu kompi pasukan khususnya untuk mengawal Habib Rizieq.’’ Begitu isi inti berita yang dibuat blog-blog di atas. Blog-blog tersebut mengklaim membuat tulisan itu dengan mengutip berita di Fox News Asia.

Kenyataannya, tak ada berita di Fox News terkait dengan tawaran Hassanal Bolkiah kepada Rizieq Shihab. Berita tentang Hassanal Bolkiah di Fox News, antara lain, terkait dengan isu ASEAN. Juga tentang laporan Kepolisian Kerajaan Brunei ke Polda Metro Jaya terkait dengan fitnah terhadap Hassanal Bolkiah yang dilakukan sebuah akun Instagram. Akun itu diduga berasal dari Indonesia. (Jawa Pos/JPG)