Panwaslu Temukan 246 Surat Suara Rusak

66
ilustrasi. net

eQuator – Sintang-RK. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sintang menemukan 246 Surat Suara rusak di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ketungau Hulu, Kamis (3/4). Surat Suara tersebut untuk Desa Sebetuk Paluk.

“Satu kotak suara rusak beserta isinya,” kata Syaiful Nur, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Panwaslu Sintang saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/12).

Syaiful mengungkapkan, dalam satu Kotak Suara yang rusak itu terdapat 592 Surat Suara. Tetapi yang rusak 246 Surat Suara. “Kondisinya lembab, kotor dan bolong atau robek di bagian sudut lipatan,” rincinya.

Olehkarenanya, Panwaslu meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang mengirim ulang Surat Suara untuk mengganti Surat Suara Desa Sebetung Palung yang rusak itu. “Kita harapkan semua pengiriman sampai ke lokasi sesuai target dan batas waktu yang ditetapkan,” kata Syaiful.

Dia menjelaskan, Surat Suara rusak tersebut ditemukan saat Panwaslu mengawasi proses pengiriman perlengkapan pemungutan suara di tingkat kecamatan.

Syaiful mengatakan, pengawasan yang dilakukan Panwaslu tersebut sesuai dengan zona pengiriman yang telah ditetapkan KPU. Zona 1 pada 30 November di tiga wilayah, yakni Kecamatan Serawai, Ambalau dan Kayan Hulu.

Zona 2 pada 3 Desember ke Ketungau Hulu, Ketungau Tengah, Ketungau Hilir, Sepauk, Tempunak, Kayan Hilir dan Dedai. Sementara, Zona 3 pada 5 Desember ke Binjai, Kelam, Sungai Tebelian dan Sintang. “Zona pertama dan kedua sudah sampai di kecamatan masing-masing,” kata Syaiful.

Untuk mengawasi pengiriman tersebut, kata Syaiful, Panwaslu telah menugaskan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) untuk ikut mengawal perlengkapan surat suara dari tingkat PPK ke PPS.  “Anggota PPL 287 orang. Mereka tersebar di tingkat kecamatan hingga desa,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Sintang, Supranto Aji membenarkan adanya temuan Surat Suara rusak tersebut. “Segelnya kotaknya terbuka, 246 Surat Suara di dalamnya rusak,” katanya.

Aji memastikan, pengganti Surat Suara rusak itu akan tiba di Desa Sebetung Palu, Minggu (6/12) besok. “Saat ini kita sedang melipat Surat Suara tersebut kemudian menyegel kotaknya untuk dikirim,” katanya. (Adx)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here