Orang Tua di Puring Kencana Ada Sekolahkan Anaknya ke Malaysia

Taman Baca “Kemala Cinta Indonesia” Diresmikan

366
Kapolda bersama istri (dua dari kanan) dan Kapolres Kapuas Hulu beserta istri dan Asisten I, Setda Kapuas Hulu ketika PeresmianTaman Baca Puring Kencana, Jumat ( 27/11) ----Andreas-RK

eQuator – Puring Kencana – RK. Taman Bacaan “Kemala Cinta Indonesia” hadir di perbatasan Indonesia-Malaysia, Desa Sungai Antu, Kecamatan Puring Kencana, Kapuas Hulu. Taman Bacaan program Kepolisian Daerah Kalimantan Barat ini diresmikan ketua Bhayangkari Kalbar Niken Manohara Arief Sulistiyanto, Jumat (27/11)kemarin.

Kehadiran taman bacaan di Kecamatan paling ujung dan berbatasan ini merupakan solusi bagi masyarakat setempat dalam memperoleh sumber pengetahuan melalui buku.

“Kami bangun disini (Puring Kencana) dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca anak sejak usia dini. Harapan saya taman bacaan ini juga digunakan oleh Desa yang lain di Puring Kencana,” kata Niken.

Dijelaskan Niken, pembangunan taman bacaan merupakan program jajaran kepolisian daerah Kalbar untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi masyarakat di perbatasan.

“Taman Bacaan di Puring ini yang ke-14 di Kalbar, di Kapuas Hulu baru dua buah, yakni Puring Kencana dan Kecamatan Badau,” terangnya.

Niken menambahkan, taman bacaan dibangun bukan untuk keluarga polisi, namun seluruh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa memanfaatkannya.

“Karena buku yang disediakan di taman bacaan ini beragam. Misal cara berkebun, beternak dan lain-lain,” terangnya.

Niken berharap, taman bacaan di Kecamatan Puring menjadi pemacu semangat belajar siswa dan masyarakat pada umumnya. “Dari Puring Kencana akan tumbuh generasi pemimpin Indonesia. Karena anak-anak disini sangat dekat dengan Malaysia, jangan sampai luntur cinta terhadap tanah air.

Patih Pilang, tokoh masyarakat setempat menyambut baik kehadiran taman baca di daerahnya. Pilang mengakui Puring Kencana masih tertinggal dibidang pendidikan, sehingga beberapa masyarakat memilih menyekolahkan anaknya ke Malaysia.

“Masalah pendidikan ini, kami merasa baru beberapa tahun ini merdeka. Maka dengan adanya taman bacaan ini sangat membantu kami memperoleh pengetahuan berbagai hal,” ungka Pilang.

Pilang mengapresiasi pihak Kepolisian yang peduli masalah pendidikan di perbatasan. Ia optimis taman bacaan di Puring Kencana menjadi refrensi untuk peningkatan SDM masyarakat.
Ika, siswa kelas 2 SMP Negeri Puring Kencana mengaku senang dengan adanya taman bacaan tersebut. Menurut dia, semakin banyaknya referensi buku, maka ilmu pengetahuan otomatis bertambah.

“Taman bacaan ini bisa membantu pemenuhan kebutuhan buku, selain yang disediakan sekolah. Saya yakin tempat ini menjadi pemacu semangat teman-teman dan anak-anak di Puring Kencana ini untuk belajar,” kata Ika

Ditempat yang sama, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK mengapresiasi dukungan masyarakat dan aparat TNI Pamtas selama proses pembangunan taman bacaan tersebut.

“Pembangunan taman bacaan ini merupkan dorongan masyarakat perbatasan dan bimbingan Bapak Kapolda Kalbar, untuk menambah wawasan, nilai kebangsaan, semangat nasionalisme dan cinta tanah air,” papar Sudarmin.

Sudarmin menambahkan, taman baca ini membantu pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk pemenuhan fasilitas pendidikan “Saya yakin kehadiran taman bacaan ini bisa meransang minat baca anak-anak di Kecamatan Puring Kencana,” ungkap Kapolda.

Ditambahkan Asisten I, Setda Kabupaten Kapuas Hulu Abdulah Usman, kehadiran taman bacaan di Kecamatan Puring Kencana tersebut sangat mebantu Pemda dalam peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM)
“Kita bersyukur Kapolda Kalimantan Barat yang sangat konsen memperhatikan bidang pendidikan, terutama bagi daerah perbatasan di Kecamatan Puring Kencana ini,” ucapnya.

Senada disampaikan Kapolda Kalbar Brigjend (Pol) Arief Sulistyanto bahwa taman bacaan tersebut bisa menjadi refrenis masyarakat menambah sumber pengetahuan.

“Sebagai orang tua, kita harus menyiapkan anak kita untuk menempuh pendidikan dengan baik. Fasilitas taman baca ini mungkin terbatas, tapi saya yakin ini cukup membantu,” kata Kapolda.

Kedatangan Kapolda beserta Ketua Bhayangkari Kalimantan Barat dan rombongan dari Mapolres Kapuas Hulu disambut acara Adat Dayak Iban Puring Kencana. Hadir Kasdim 1206 Putussibau, Dirt Pol Air, Dirt Binmas Polda Kalimantan Barat dan tokoh masyarakat Adat di Puring Kencana beserta siswa SDN dan SMPN Negeri.

 

Laporan               : Andre

Editor                    : Arman Hairiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here