Norsan: Waktu Merupakan Nikmat dari Allah

300
Ria Norsan

eQuator – Mempawah. Bupati Mempawah, Ria Norsan menegaskan, waktu merupakan salah satu nikmat tertinggi yang diberikan Allah SWT kepada manusia. Sudah sepatutnya manusia memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin, untuk menjalankan tugasnya sebagai makhluk di bumi.

“Pentingnya waktu, maka Allah SWT telah bersumpah pada permulaan berbagai surat dalam Alquran yang turun di Mekkah, dengan berbagai macam bagian dari waktu,” ungkap Norsan ketika mengunjungi Masjid Sabilul Khairat, Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, Selasa (22/12).

Begitu pentingnya waktu, papar Bupati, harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jika masih ada kesempatan untuk berbuat kebajikan, jangan pernah ditunda. Isi waktu dengan berbagai amal ibadah, agar siap ketika dipanggil Allah SWT kapan saja, dan meninggal dalam keadaan baik atau khusnul khatimah. “Kematian itu tidak mengenal umur. Banyak contoh yang kita lihat sehari-hari. Pagi kita masih mengobrol dengan keluarga atau sahabat yang tampak sehat walafiat, tapi sore hari kita mendapat kabar yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Jadi jangan sia-siakan waktu kita yang amat singkat ini,” imbuh Bupati.

Bupati juga memaparkan berbagai nasihat yang disampaikan Luqmanul Hakim, seperti yang termuat dalam Alquran. Luqmanul Hakim seperti yang banyak dikatakan ulama, ungkap Norsan, sebagai orang yang dimuliakan Allah SWT. “Patut kita jadikan contoh dalam mengisi kehidupan dengan amal ibadah, dan pola hidup yang penuh rasa syukur atas semua nikmat Allah SWT,” imbaunya.

Bupati juga mengutip penegasan Sayyidina Ali bin Abi Thalib mengenai pentingnya waktu. Sayyidina Ali mengungkapkan, waktu ibarat pedang. “Jika manusia tak bisa memanfaatkan waktu, maka waktu yang sia-sia itu bisa memenggal kepala kita,” ingatnya.

Sementara itu, Ketua Motivator Safari Fajar Kabupaten Mempawah, H Syahril SIp, MPd mengungkapkan rasa syukurnya, karena pelaksanaan Rakorda MUI Wilayah V Kalimantan di Kabupaten Mempawah, belum lama ini telah berjalan sukses dan lancar. “Mudah-mudahan kehadiran para ulama di Kabupaten Mempawah akan membawa keberkahan bagi daerah ini, sehingga senantiasa dalam perlindungan Allah SWT,” imbuhnya.

Safari Fajar di Masjid Sabilul Khairat turut dihadiri Wakil Bupati Mempawah Gusti Ramlana SSos, pejabat Pemkab Mempawah, alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi Islam seperti FPI dan ratusan jemaah yang berdatangan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Mempawah. (sky)