Ngabang-Pontianak Semakin Dekat

Gubernur Tinjau Jalan Nahayak

2373
TINJAU JALAN. Gubernur Cornelis meninjau Jalan Nahayak, Kamis (10/3). ISFIANSYAH

eQuator.co.id – Pontianak-RK. Gubernur Drs. Cornelis, MH meninjau Jalan Nahayak Kabupaten Landak yang penghubungkan Ngabang-Pontianak, Kamis (10/3).
Sebelumnya mantan Bupati Landak itu meresmikan jembatan penghubung di jalan provinsi yang melintasi Sungai Landak, di Dusun Nahayak, Desa Amboyo Selatan, Ngabang.
“Ada beberapa titik yang masih harus diperbaiki. Karena jalan tersebut kedepannya akan ramai dilewati, mengingat jarak Ngabang-Pontianak jika melewati ruas tersebut jauh lebih singkat atau dekat,” kata Gubernur Cornelis, kemarin.
Cornelis meminta perusahaan yang beroperasi di Nahayak, bersama-sama merawat jalan agar tetap bagus dan bisa digunakan masyarakat. Setelah meresmikan jembatan, tinggal jalan yang harus diperbaiki. Apalagi kondisi jalan di Nahayak belum semuanya diaspal.

“Sebelum masa jabatan saya berakhir 2018, mudah-mudahan jalan tersebut selesai dikerjakan,” ujar Cornelis. Perbaikan jalan yang nantinya memperpendek sarana transportasi Ngabang-Pontianak tersebut, akan dianggarkan tahun depan.
Sebelumnya, Bupati Landak Dr. Adrianus Asia Sidot mengatakan, dibukanya akses Jalan Nahayak memperpendek jarak tempuh Ngabang-Pontianak. Sebelumnya Ngabang-Sungai Pinyuh-Pontianak bisa memakan waktu hampir empat jam. Adanya jembatan Nahayak, jarak tempuh semakin cepat, hanya dua hingga 2,5 jam saja. “Apalagi jalannya nanti akan diperbaiki, maka waktu tempuh akan lebih cepat,” jelas Adrianus.
Bupati Adrianus juga mengingatkan masalah sosial yang akan terjadi, jika akses sudah lancar. Dia berharap jangan sampai masyarakat sepanjang Nahayak, manja dengan akses yang mudah, hanya menunggu sayur yang datang dari Kota Pontianak. “Masyarakat tetap memanfaatkan pekarangannya untuk menanam sayur,” tegas Adrianus.

Laporan: Isfiansyah

Editor: Hamka Saptono