Natal Terakhir, Bupati Adrianus Minta Maaf

141
Adrianus Asia Sidot. Dok-RK

eQuator – Ngabang-RK. Perayaan Natal tahun 2015 ini merupakan perayaan Natal terakhir bagi Adrianus Asia Sidot menjabat sebagai Bupati Kabupaten Landak, mengingat pada September 2016 mendatang, masa jabatannya berakhir.

“Ini merupakan ucapan Natal terakhir bagi saya selaku Bupati Landak. Sebab, September 2016 jabatan saya sudah berakhir. Harapan saya ke depan kesempatan ucapan Natal tetap diberikan kepada Bupati Landak yang baru nanti,” katanya di hadapan umat Kristiani usai misa Natal, Jumat (25/12) di Gereja Salib Suci Ngabang.

Pada pidato singkatnya itu, ia berharap apa yang terbaik dan dilakukan selama dirinya menjabat dapat diteruskan oleh Bupati Landak yang baru nanti. “Sebagai manusia biasa yang tidak sempurna dan banyak kesalahan serta kekeliruan, saya mohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Landak,” ucapnya.
Diharapkan Bupati Landak ke depan jauh lebih baik dan bisa mengantarkan Landak menjadi daerah yang sejahtera. “Dimana angka kemiskinan bisa dikurangi dan masalah-masalah sosial bisa semakin berkurang,” harap Bupati Landak dua periode ini.
Dikatakan Adrianus, kelahiran kembali Yesus Kristus ke dalam hati umat Kristiani membawa damai sejahtera bagi siapapun juga. “Dengan perayaan Natal ini, segala kemarahan, dendam, iri hati, dengki, perselisihan dan konflik yang disebabkan kekerasan hati manusia serta keserakahan dan seterusnya dapat dilenyapkan oleh damai dari Tuhan Yersus Kristus. Harapan saya juga masyarakat di Landak bisa merasa damai dan sejahtera,” harapnya.
Sementara itu, Pastor Heribertus, OFM Cap mengatakan, perayaan Natal kali ini tetap terfokus pada tema Natal yakni, hidup bersama sebagai keluarga Allah.
“Artinya, kita memandang semua adalah saudara. Kalau semua bersaudara, berarti kita menyesuaikan yang terbaik sebagimana hakikat bersaudara itu memberikan kebaikan dan kebenaran,” ujar Heribertus usai memimpin misa Natal di Gereja Salib Suci Ngabang.
Persaudaraan itu harus didasari kesadaran bahwa semuanya berasal dari satu pencipta.
Secara umum perayaan misa Natal di Landak khususnya di Kota Ngabang berjalan lancar aman dan tertib. Ribuan umat Kristiani memadati Gereja terbesar di Landak itu.
Pada misa itu Bupati Adrianus mengajak istri, Ny. Maria Bernadetha Adrianus dan kedua anak serta kedua menantunya. Bupati beserta keluarga mengikuti misa Natal kedua yang dimulai pukul 09.00. Sedangkan misa pertama di Gereja tersebut dimulai pukul 06.00.
Baik misa Natal pertama dan kedua di Gereja Salib Suci Ngabang dipimpim Pastor Heribertus, OFM Cap.

 

Reporter: Antonius
Editor: Kiram Akbar