Mobil Samsat Keliling Raup Ratusan Juta

Belum Sebulan Resmi Beroperasi

308
Tris, salah seorang pemilik kendaraan bermotor tengah membayar pajak dengan memanfaatkan fasilitas mobil Samsat Keliling di Mapolres Sekadau, Senin (2/11). Mobil ini merupakan salah satu layanan pajak keliling yang dimiliki kantor Samsat Sekadau… (Abdu Syukri)

eQuator – SEKADAU-RK. Keberadaan Mobil Samsat Keliling disambut antusias para pengguna kendaraan bermotor di Sekadau. Salah satunya disampaikan Tris, warga Kecamatan Sekadau Hilir.
“Ini hal yang positif,” kata Tris dijumpai disela membayar pajak sepeda motornya di halaman upacara Mapolres Sekadau, Senin (2/11).
Alumnus STKIP PGRI Pontianak itu mengakui, ia sudah lama berniat membayar pajak sepeda motornya. Namun karena kantor Samsat cukup jauh dari Sekadau dan kerena waktu terbatas, ia pun selalu tidak sempat membayar pajak tersebut.
“Tadi rencananya mau ngurus SKCK ke Polres ini. Tapi kebetulan ada liat mobil pajak ini, jadi sekalian saja bayarnya. Lebih enak lagi. Tidak perlu antri lama,” ucapnya.
Operasional mobil samsat keliling belum genap sebulan beroperasi di Sekadau. Menurut Kepala Seksi Penagihan Dispenda Kalbar pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Sekadau, Drs Rivai, ada peningkatan jumlah wajib pajak yang membayarkan pajak kendaraannya.
“Ada peningkatan yang membayar. Sejak awal operasional hingga sekarang, mungkin lebih dari Rp 100 juta yang sudah kita dapatkan,” ucap Rivai.
Dipaparkan Rivai, mobil Samsat keliling itu beroperasi dengan sisitem jemput bola. Mobil tersebut akan mendatangi kawasan tertentu untuk memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. “Ditengah jalan pun, kalau ada yang mau menyetop dan memungkinkan kita berhenti, kita siap menerima pembayaran pajak kendaraannya,” ulas Rivai.
Selain di daerah dalam Kota Sekadau, layanan mobil Samsat keliling juga menyasar sejumlah kecamatan lainnya. Jadwal mereka ke kecamatan adalah minggu kedua dan minggu ke empat tiap bulannya.
“Jadwal kita ke daerah itu tiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Lokasinya di Rawak, Nanga Mahap dan di Kecamatan Belitang Hilir,” tukas Rivai. (bdu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here