Minta Doa Diganti Tulisan Menghujat Presiden

23
HOAX

eQuator.co.id – ENTAH apa yang ada di dalam hati orang-orang yang mengedit foto siswa SMP yang meminta didoakan agar hafal 30 juz Alquran ini. Foto tersebut diedit. Seolah siswa SMP itu menghujat kerja Presiden Joko Widodo. Foto editan itu pun disebar ulang oleh banyak netizen.

Yang ikut-ikutan menyebarkan, antara lain, akun Facebook Romy Rambu Rabbani. ”Kami juga bisa,” tulisnya sembari membagikan foto beberapa siswa yang membentangkan karton cokelat. Dalam karton itu terdapat tulisan, ”Pak Presiden…Kalau Kerjanya Anda Cuma Utang. Jual Aset. Import Beras/Cangkul dan Potong Pita…Kami Juga Bisa Jadi Presiden”.

Jika dilakukan pencarian padanan gambar di Google Reverse Image, terdapat foto yang asli. Dalam foto aslinya, siswa-siswa itu sedang memegang karton bertulisan, ”Doakan Kami. Cita-cita Kami Hafal 30 Juz Al-Quran. Like…Share…Please! Tasikmalaya Indonesia.”

Foto yang asli itu pernah disebarkan oleh akun Instagram @indonesiabertauhidofficial. Saat itu, akun @indonesiabertauhidofficial menyebarkan foto siswa tersebut karena ingin netizen ikut mendoakan apa yang mereka cita-citakan. Mungkin bagi yang mengedit foto siswa-siswa yang ingin jadi hafiz itu, perlu ditulisi jidatnya. Tulisannya adalah kata-kata hasil editannya di atas. (Jawa Pos/JPG)