Merawat Pohon Natal Asli

137

Salah satu yang selalu identik dengan perayaan hari raya umat Kristiani ialah pohon Natal. Orang-orang akan menghadirkannya di rumah, kemudian menghias pohon tersebut. Pohon Natal itu dapat yang berupa artifisial sehingga awet dan dapat digunakan setiap tahun. Ada pula yang membeli pohon asli dan membawanya ke rumah.

Alasannya tentu beragam, tergantung pada kebutuhan dan keinginan setiap orang. Namun seperti dikutip dari laman majalahasri, bila menyukai pohon yang asli, anda harus memperhatikan bahwa perawatannya akan berbeda dengan yang tiruan. Perawatan ini sangat diperlukan agar pohon dapat bertahan lebih lama dan dapat tetap segar. Beberapa tips dari laman housebeautiful dapat dicoba untuk menjaga kesegaran dan kondisi terbaik pohon, sehingga dapat menemani anda melewati malam Natal.

  1. Belilah pohon dengan potongan yang lurus di bagian bawah batangnya. Akan lebih baik lagi bila memilih dan membeli pohon yang masih ditanam di tanah. Dengan begitu, anda dapat meminta dan memastikan penjual memotong batangnya dengan lurus. Potongan lurus ini berpengaruh untuk membantu penyerapan air pada pohon. Membeli pohon yang baru saja ditebang juga dapat membuatnya bertahan lebih lama. Hal penting lainnya, pilih pohon yang tidak memiliki daun mati atau kecokelatan.
  2. Potong kembali pohon saat tiba di rumah. Hal ini untuk membuang segala sisa kotoran yang dapat menghambat penyerapan air. Tidak perlu dalam jumlah besar, cukup satu inchi di bagian bawah batang pohon.
  3. Pastikan pohon mendapat cukup air. Pohon juga harus diletakkan dalam posisi berdiri. Selain itu, tempatkan pohon di wadah yang kuat dan cukup besar untuk ukuran batang, serta menampung setidaknya satu galon air.
  4. Periksa keadaan air setiap hari, terutama untuk ketinggian air. Air harus selalu mencapai bagian batang pohon. Ini penting agar pohon tetap dalam kondisi cukup air.
  5. Jauhkan pohon dari segala sumber panas, seperti matahari, fireplaces, kompor, atau apa pun yang dapat menimbulkan udara hangat. Hal ini untuk mencegah pohon cepat kering, bahkan bila udara di rumah terasa kering, gunakan pelembab udara.
  6. Berhatilah-hatilah terhadap segala mitos, seperti menambahkan gula atau aspirin pada air. Karena menurut Heloise, pakar rumah dari housebeautiful cara tersebut tidak akan membantu apa pun untuk membuat pohon tetap bertahan dalam kondisi yang bagus. (mja)