Menjelang Imlek dan Capgome, Hotel dan Penginapan Mulai Penuh

30
SAMBUT IMLEK DAN CAPGOME. Gemerlap lampu lampion di malam hari di pusat Kota Singkawang, tepatnya di persimpangan Jalan Budi Utomo dan Jalan Sejahtera, Minggu (24/1). SUHENDRA

eQuator.co.id – Singkawang-RK. Sejumlah hotel dan penginapan yang ada di Kota Singkawang, sudah mulai penuh pesanan kamar menjelang perayaan Imlek dan Capgome tahun ini. Bahkan, sudah ada hotel yang kamarnya sudah penuh dipesan alias full booking. Seperti Hotel Prapatan Singkawang.

“Sementara ini, khusus Imlek belum ada yang pesan khusus. Hanya pada perayaan Capgome 2 Maret nanti saja yang sudah full booking,” ujar Elka Thendy, Resepsionis Hotel Prapatan Singkawang, Kamis (8/2).

Ia mengatakan, tamu yang jauh-jauh hari sudah booking kamar di hotel tempatnya bekerja sebagian besar berasal dari Jakarta dan Pontianak.

“Mereka memesan melalui telepon, bahkan ada beberapa tamu yang melakukan pembayaran DP (down payment/uang muka). Padahal, tidak ada diberikan diskon, malahan harga yang naik,” katanya.

Peningkatan hunian ini, hanya terjadi dalam satu hari saja. Tamu check in pada 1 Maret, lalu keesokan harinya sudah check out. “Mereka menginap hanya satu malam saja. Karena perayaan Capgome Cuma sehari, 2 Maret itu,” tuturnya.

Elka menerangkan, Hotel Prapatan Singkawang terdapat 36 kamar yang terdiri 4 kelas, yakni standar, eksekutif, superior dan bisnis. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp200 ribu hingga Rp600 ribu per malam. “Fasilitasnya sama. Ada wifi, air panas untuk mandi dan sarapan,” pungkasnya. (hen)