Mengunjungi Pabrik Sepeda Motor Honda terbesar di Indonesia

Punya Sirkuit Sendiri, Bikin Satu Motor hanya 5,5 Detik Pernah enggak ngebayangin berapa lama kalau bikin satu buah motor itu, satu jam, 30 menit atau berapa menit. Tentunya itu semua keliru. Penasaran berapa lama dan bagaimana pembuatannya. Berikut kisahnya ?

3667
Terlihat pekerja sedang merakit motor Honda.

eQuator.co.id – MUHAMMAD RIFANI, Cikarang

Kali ini penulis berkesempatan langsung untuk melakukan kunjungan ke salah satu pabrik motor terbesar di Indonesia. PT Astra Honda Motor menjadi fasilitatornya setelah sukses menggelar acara Launching Repsol Honda Team di sirkuit Internasional Sentul pada Minggu (14/2) lalu yang mendatangkan langsung dua pembalap Moto GP yaitu Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Setelah meliput secara ekslusif kedatangan duo spanyol ini,kali ini penulis akan di ajak mengunjungi pabrikan motor Honda. Plant Cikarang yang berlokasi di Jl. Raya Kalimantan Blok AA-1, kawasan Industri MM2 100 Cikarang Barat, Jawa Barat yang merupakan pabrik terbesar PT AHM se Indonesia akan menjadi tempat kunjungan.

Saat pertama menginjakkan kaki di depan bangunan besar dan begitu luas ini, aura kemegahan dari pabrik pembuatan motor Honda benar-benar terasa. Penulis langsung disambut oleh General Manager AHM Plant Cikarang, Dodi Sutriyadi serta Yudi Yozardi selaku Manager Corporate Communication.

Kedua lelaki ini menyambut penulis sangat ramah. Setelah disambut teh hangat dan kue-kue, penulis langsung diberikan arahan mengenai prosuder dalam melakukan kunjungan ini. Selain itu Dodi selaku GM juga menjelaskan mengenai Plant Cikarang sendiri kepada penulis dengan lengkap. Memang khusus di Plant Cikarang ini, hanya dikhususkan untuk pembuatan motor Honda jenis Matic, yaitu Vario eSP, Scoopy, BeAt eSP serta Spacy.

“Kalau untuk pembuatan jenis lainnya seperti bebek atau motor sport di lakukan di Plant lain. Contohnya bebebk khusus di Plant Sunter, kalau yang sportnya di Plant Pegangsaan,” ucap Dodi dalam pemaparannya.

Setelah memamparkan mengnai PT AHM Plant Cikarang, Dodi melanjutkan dengan penjelasan prosuder keamanan di pabrik. Maklum di sana untuk keamanan sangatlah diprioritaskan,bahkan kata pihak AHM Plant Cikarang, baru kali ini spesial reporter di izinkan buat mendokumentasikan kegiatan pembuatan motor Honda.

Akhirnya tidak berlama-lama, penulis yang bergabung bersama awak media dari seluruh Indonesia dari Papua hingga Aceh langsung di giring ke pabrik pembuatan. Dengan mengenakan topi khusus serta tanda pengenal spesial jurnalis, kali ini Achmad Arifin, Manager Plant-3 Division akan menjadi pemandu penulis.

Bunyi deru mesin terdengar hebat padahal masih belum memasuki lokasi pabrik. Ya kali ini penulis akan di ajak melihat proses Assembling atau perakitan dari part-part menjadi sosok motor seutuhnya. Ketika baru memasuki bangunan ini, yang terlihat pertama kali puluhan bahkan mungkin ratusan mesin-mesin canggih yang beroperasi dengan sangat cepat.

“Disini sudah sangat canggih. Dengan mesin modern dan karyawan sebanyak 160 an per Plant, motor itu bisa dibikin hanya dengan waktu 5,5 detik perbuahnya,” ujar lelaki yang akrab di sapa Achmad ini.

Ya dengan ketelitian serta professionalisme karyawan maupun staf-staf yang bekerja, perakitan begitu sangat cepat dilakukan, Plant Cikarang mampu produksi 8600 unit perharinya. Mulai dari proses perakitan mesin, rangka, roda, bodi hingga tes bahan bakar dilakukan hanya dengan waktu singkat.

Selanjutnya setelah dirakit dengan sangat cepat, motor-motor itu akan di tes langsung di aspal jalanan. Namun kali ini bukan jalan raya yang akan menjadi medannya, melainkan sebuah sirkuit pribadi milik PT AHM Plant Cikarang. Keberadaan sirkuit sepanjang 1,2 km ini memamg dikhususkan untuk mengetes motor hasil pabrikan sebelum di lepas kepasaran.

“Ya sirkuit di sini bukan dimaksudkan buat balapan kayak umumnya ya. Tapi khusus buat pengetesan motor saat dikendarai,mulai dari ketahanan, kecepatan, sampai keseimbangannya,” ucap Achmad sembari menjelaskan beberapa proses pembuatan di pabrik.

Di sisi lain, untuk menjaga profesionalisme dan efektivitas kinerja karyawan, ternyata PT AHM Plant Cikarang juga mewajibkan karyawannya minum susu setiap paginya. Bahkan yang awalnya tidak begitu suka minum susu diwajibkan untuk meminum.

“Kita sangat memperhatikan kesehatan karyawan di sini. Makanya salah satunya adalah minum susu untuk menjaga daya tahan dan stamina tubuh saat bekerja,” jelas Achmad.

Setelah puas melihat momen langka ini,akhirnya sekitar dua jam melakukan kunjungan penulis pamit kepada beberapa jajaran tinggi pihak PT AHM Plant Cikarang yang sudah berdiri sejak tahun 2005 lalu ini.(ran)