Mengesahkan Hasil Hitung Suara di PPK

KPU Landak Merekapitulasi Suara Pilgub Kalbar 2018

25
REKAPITULASI PILGUB 2018. Suasana rapat pleno penetapan penghitungan suara di tingkat kabupaten Landak untuk Pilgub Kalbar 2018, di aula kantor DPRD Landak, Kamis (5/7). Antonius-RK
REKAPITULASI PILGUB 2018. Suasana rapat pleno penetapan penghitungan suara di tingkat kabupaten Landak untuk Pilgub Kalbar 2018, di aula kantor DPRD Landak, Kamis (5/7). Antonius-RK

eQuator.co.id – Ngabang-RK. Kamis (5/7), seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat kabupaten mengadakan rapat pleno terbuka. Untuk merekapitulasi penghitungan suara Pilgub Kalbar 2018 di kabupaten masing-masing.

Di Landak, rapat pleno dipimpin Ketua KPU Landak, Herculanus Yakobus, di aula gedung DPRD setempat. Dihadiri Wakil Bupati Herculanus Heriadi, Ketua DPRD Heri Saman, jajaran Forkompimda Landak, tiga saksi dari pasangan calon, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Heriadi menekankan bahwa semua tahapan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik. “Adapun riak-riak kecil yang terjadi beberapa waktu lalu itu, semua sudah diselesaikan bersama,” tegasnya.

Dengan dilaksanakannya rapat pleno ini, Heriadi melanjutkan, semua harus menerimanya sebagai hasil yang sah. Dengan adanya proses Pilkada ini, ia mengatakan, Kalbar akan mempunyai pemimpin atau gubernur dan wakil gubernur yang baru.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat supaya tenang, jangan mudah terprovokasi dengan berita hoax dan terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Karena bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ini,” pintanya.

Senada, Ketua KPU Landak, Herculanus Yakobus. Ia menyampaikan, selama tahapan pelaksanaan Pilkada, khususnya di Landak, berjalan lancar dan kondusif. Hingga saat ini pihaknya belum mendapat kendala yang berarti.

Walaupun ada dinamika-dinamika yang terjadi, sambung dia, tidak menganggu jalannya proses Pilkada. Semuanya dapat diselesaikan dengan baik. Dan, sampai saat ini situasi dan kondisi Landak tetap aman dan kondusif.

“Kami atas nama penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan, Polri-TNI, dan semua masyarakat atas pelaksanaan Pilkada yang berjalan lancar dan sukses,” ucap Herculanus.

Di Landak, ada 13 panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 13 kecamatan. Saat pleno, rekap suara secara bergiliran dibacakan masing-masing PPK. Yang kemudian akan ditanggapi oleh saksi pasangan calon dan Panwas kabupaten. Hingga berita ini ditulis pukul 16:20, rapat pleno masih berlangsung.

Tadi malam, sekitar pukul 20.00, didapat hasil hitung resmi KPU Kabupaten Landak tersebut. Pasangan nomor urut 1, Milton Crosby-Boyman Harun mendapat 6.361 suara. Pasangan nomor urut 2, Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot mendapat 218.968 suara. Dan pasangan nomor urut 3, Sutarmidji-Ria Norsan mendapat 20.634 suara. (ius)