Mempawah Wakili Kalbar di MTQ Nasional

20
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Kalbar, Mahmudah mewakili Pejabat Sementara (Pj) Gubernur Kalbar menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2018, Jumat (6/7) malam GOR Opu Daeng Menambon Kabupaten Mempawah. Ari Sandy
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Kalbar, Mahmudah mewakili Pejabat Sementara (Pj) Gubernur Kalbar menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2018, Jumat (6/7) malam GOR Opu Daeng Menambon Kabupaten Mempawah. Ari Sandy

eQuator.co.id – Mempawah-RK. Tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, Kontingen Kabupaten Mempawah tampil sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Kalbar yang digelar sejak 1-7 Juli 2018. Praktis di ajang serupa tingkat nasional, kafilah Mempawah akan mendominasi sebagai wakil Kalbar.

Penetapan predikat juara umum tersebut dibacakan Sekretaris Panitia MTQ XXVII Kalbar, Edy Setiawan SPd MPd pada malam penutupan MTQ XXVII tingkat Provinsi Kalbar di GOR Opu Daeng Menambon, Jumat (6/7) malam. “Dewan Hakim MTQ XXVII tingkat Provinsi Kalbar menetapkan dan memutuskan juara umum kepada kontingen kafilah Kabupaten Mempawah dengan total nilai 87. Disusul di tempat kedua kontingen Kota Pontianak nilai 61 dan kafilah Kabupaten Kubu Raya dengan nilai 40,” ungkap Edy usai mengumumkan juara di setiap kategori lomba.

Selain kategori lomba, lanjut Edy, juga dilakukan penilaian terhadap kegiatan pawai takruf kendaraan hias dan stand-stand pameran yang ikut serta dalam penyelenggaraan MTQ XXVII di Mempawah. “Untuk pameran, juara pertama Mempawah, juara kedua Sintang dan ketiga Pontianak. Sedangkan kategori kendaraan hias, juara pertama Pontianak, juara kedua Singkawang dan ketiga Sintang,” paparnya.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pj) Gubernur Kalbar yang diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Kalbar, Mahmudah menilai, seluruh rangkaian MTQ XXVII tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Mempawah berlangsung dengan sukses dan lancar sesuai jadwal yang telah disusun panitia. “Mudah-mudahan prestasi yang diukir qori dan qoriah serta hafidz dan hafidzah di MTQ ini dapat dilanjutkan pada MTQ XXVII tingkat Nasional tanggal 4-13 Oktober di Kota Medan,” harapnya.

MTQ, menurut Mahmudah, merupakan event relegius bagi umat Islam untuk menghayati, mengamati dan mengamalkan serta mengembangkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan bermasyarakat sebagai insan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. “MTQ jangan hanya dijadikan sebagai event untuk mencari juara, melainkan lebih dari itu sebagai aktivitas ritual pencerahan dan pencerdasan peserta. Sebab, yang dilombakan adalah ayat-ayat suci Alquran yang merupakan pedoman kehidupan manusia di dunia dan akhirat,” ujarnya.

Dia berharap, untaian dan lantunan ayat suci Alquran selama pelaksanaan MTQ Kalbar tidak semata diucapkan sebagai seni membaca, menghafal dan melafadzkan. Melainkan juga dapat meresapi makna dan nilai hakiki yang terkandung di dalamnya. “Serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana menyampaikan penyelenggaraan MTQ XXVII tingkat Provinsi Kalbar telah terlaksana dengan sukses dan lancar. Karena itu, Ramlana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan MTQ di Kota Mempawah. “Terima kasih kepada panitia, dewan hakim, LPTQ Kalbar, seluruh kontingan kafilah kabupaten dan kota se-Kalbar serta semua pihak yang telah mendukung suksesnya MTQ,” ucapnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Editor: Yuni Kurniyanto