Mempawah Siap Sambut Ulama se-Kalimantan

114
Sekretaris Panitia Rakor MUI se-Kalimantan, Ismail menunjukkan cinderamata yang akan diberikan kepada tamu Rakorda MUI se-Kalimantan. Ari Sandy

eQuator – Mempawah. Selasa (15/12) pekan depan, Rapat Koordinasi Daerah Majelis Ulama Indonesia (Rakorda MUI) Wilayah V se-Kalimantan digelar di ibukota Kabupaten Mempawah. Berbagai persiapan terus dilakukan menyambut kehadiran para ulama di Kota Bestari.

Dipimpin langsung Bupati Mempawah Ria Norsan, rapat koordinasi kembali digelar, Selasa (8/12). Berlangsung di Aula Kantor Bupati Mempawah, rapat diikuti seluruh pihak terkait, seperti perwakilan MUI Kalimantan Barat, MUI Kabupaten Mempawah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, hingga seluruh Panitia Rakorda MUI Wilayah V se-Kalimantan. “Sengaja kita mendengarkan langsung kesiapan panitia dari setiap Seksi, karena ingin tahu sampai sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan. Selain itu menyelaraskan dengan jadwal yang disusun MUI Provinsi agar cocok,” ujar Ria Norsan.

Menurut Norsan, meski Mempawah belum memiliki sejumlah sarana layaknya kota-kota besar, tapi dengan kesungguhan pemerintah dan masyarakat dalam menjamu tamu, diharapkan akan bisa menutupi kekurangan fisik yang ada.

Dia menyatakan, ditunjuknya Mempawah sebagai tuan rumah kegiatan besar se-Kalimantan merupakan nikmat Tuhan yang harus syukuri. “Kita berupaya supaya tamu yang datang merasa nyaman dan pulangnya nanti juga membawa kesan yang baik. Hotel berbintang satu pun kita belum punya. Adanya baru penginapan sekelas wisma. Tapi dengan keikhlasan dan totalitas kita sebagai tuan rumah, diharapkan kekurangan yang ada dapat tertutupi,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Kesra pemkab Mempawah, Ismail memastikan setiap Seksi Panitia telah bekerja optimal. Mulai dari akomodasi dan transportasi, publikasi, dekorasi dan dokumentasi, konsumsi, cenderamata, ibadah dan ziarah, kesehatan, hingga penerima tamu. “Kita upayakan semua perwakilan MUI setiap daerah mendapatkan pelayanan paripurna dalam segala hal. Untuk itu bagi tiap kontingen sudah disiapkan pendamping yang akan mengurusi setiap kebutuhan tamu kita. Begitu juga akomodasi dan transportasi sudah kita siapkan per kontingen,” terang Sekretaris Panitia Rakorda MUI Wilayah V se-Kalimantan ini.

Ismail memaparkan kesiapan panitia secara rinci. Kinerja, pencapaian, hingga kendala dari Seksi per Seksi kepanitiaan disampaikan Ismail secara detail. Termasuk, jadwal dan agenda kegiatan rakorda yang berlangsung mulai 15-17 Desember 2015, juga dibeberkan hari per hari.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Harian MUI Kalimantan Barat, Andi Jafar Harun mengapresiasi langkah Bupati Ria Norsan dan jajaran. Menurutnya, keseriusan Ria Norsan dalam memimpin persiapan rakorda patut dipuji. Dengan kesungguhan yang telah ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Mempawah dan pihak terkait lainnya, dia optimistis Kalimantan Barat dalam hal ini Kabupaten Mempawah siap menerima kedatangan para tamu. “Bupati Mempawah sudah sangat luar biasa. Dan inilah jodohnya kegiatan ini bisa dilaksanakan di Mempawah. mudah-mudahan dengan keikhlasan bupati, tokoh agama, dan ormas yang ada kita siap menerima kedatangan tamu-tamu kita nanti,” ucapnya.

Andi Jafar mengungkapkan, pihaknya telah mengkonfirmasi kesiapan dari sejumlah petinggi daerah untuk hadir pada pembukaan rakorda. Di antaranya Kapolda Arif Sulistyanto dan Panglima Kodam Toto Rinanto Sudjiman, selain tentunya pejabat Pemprov Kalbar. Terlebih kegiatan rakorda MUI se-Kalimantan akan dibuka langsung Ketua Umum MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin. “Sekali lagi atas nama MUI Kalimantan Barat dan panitia kami berterimakasih kepada pemerintah dan masyarakat yang sudah bersiap melaksanakan gawe besar ini. Mudah-mudahan Allah Taala memudahkan segala urusan,” harapnya.

 

Reporter: Ari Sandy

Redaktur: Yuni Kurniyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here