Media Massa Ikut Cerdaskan Bangsa

62
Marius Marcellus

eQuator – Putussibau-rk. Hingga saat ini, media massa terus berperan aktif dalam mengawal roda pemerintahan, mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten. Keberadaan media massa dianggap sebagai salah satu faktor pendukung dalam upaya mencerdaskan bangsa.
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Hulu, Marius Marcellus TJ SH MM menuturkan media massa berperan penting dalam memberikan perimbangan dan informasi yang benar kepada masyarakat. Tugas dan tanggungjawab itu harus dilakukan secara profesional oleh masing-masing media. “Ketika itu dilakukan dengan baik, profesional serta sungguh-sungguh, peran media menjadi sesuatu yang sangat besar,” katanya, belum lama ini.
Menurut Marcellus, media massa memberi kontribusi penting bagi unsur pimpinan di daerah, khususnya dalah hal informasi. Dengan ketidak hadiran seorang pemimpin di daerahnya, apa pun jabatannya, kata Marcellus ketika mereka membaca melalui media elektronik atau koran, mereka bisa tahu situasi sebenarnya. “Ini menurut saya peran utamannya media. Ikut mencerdaskan bangsa,” ujarnya.
Disamping itu, menurut Marcellus, evaluasi memang perlu dilakukan. Bukan hanya pada media saja, tapi juga pada semua komponen. Sehingga ada perbaikan-perbaikan dari kekurangan yang ada. “Tidak bermaksud menyalahkan, kadang-kadang ada penulis yang berisi informasinya tidak cukup, sehingga salah tulis dan lain-lain. Kalau input data salah, hasilnya tentu salah. Begitu juga kalau input-nya benar tulisnya salah, juga akan salah,” ulas Marcellus.
Di sisi lain, kata Pj Bupati, sebuah karya tulis hendaknya tidak dilandasi dengan emosi. Melainkan pemikiran dan hati yang tenang. “Kita harus bersikap menulis sesuatu dengan pikiran jernih, hati yang bersih. Ini penting untuk perbaikan ke depan,” demikian Marcellus. (aRm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here