Masuk 5 Besar Nasional, Dapat Beasiswa S1 dan S2

Peluang untuk Peserta UN di Pontianak

118
MEMOTIVASI. Walikota Pontianak, Sutarmidji memotivasi calon peserta UN di SMA Negeri 1 Pontianak, Senin (29/2). Gusnadi-RK

Wali-Kota-Pontianak-Sutarmidji-saat-mendatangi-dan-memberikan-motiviasi-calon-peserta-UN-di-SMA-Negeri-1-Pontianak-gusnadieQuator.co.id – Pontianak-RK. Ternyata, Walikota Pontianak, H Sutarmidji SH MHum memiliki obsesi yang belum tercapai, yakni hasil Ujian Nasional (UN) siswa di Bumi Khatulistiwa ini masuk lima besar secara Nasional.

“Kalau ada siswa Pontianak yang masuk rangking lima besar Nasional, kita biayai selama mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi. Bahkan bila perlu, sampai S2 (Megister, red),” janji Sutarmidji usai memotivasi siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pontianak, Senin (29/2).

Sutarmidji sampai menjanjikan akan memberikan reward berupa beasiswa Strata Satu (S1) hingga Strata Dua (S2) itu, bukan lantaran meragukan kesiapan para siswa di Kota Pontianak dalam menghadapi UN. Tetapi lebih pada untuk memacu semangat para siswa tersebut.

Dia menilai, para siswa di Kota Pontianak sudah siap menghadapi UN. Hanya mereka ini masih merasa takut yang berlebihan. Sebenarnya hal itu tidak perlu. Sebab, ujian ini bukan beban, melainkan tantangan yang harus dihadapi. “Hanya orang yang tidak pernah lari dari setiap tantangan, tidak pernah takut tantangan, yang akan berhasil,” kata Sutarmidji berapi-api.

Kendati yakin dengan kesiapan siswa, Sutarmidji tetap mengingatkan pihak sekolah untuk mempertajam ilmu peserta didik. Misalnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan ujian.

Para orangtua pun, tambah Sutarmidji, mesti turut mengawasi anak-ananya yang akan menghadapi UN, agar senantiasa belajar. “Tetapi jangan sampai orangtua justeru membatasi apa yang sudah menjadi kebiasaan anak-anaknya. Sepanjang masih bersifat positif seperti kegemaran anak pada suatu olahraga, menonton televisi dan lain sebagainya. Karena itu juga berpengaruh dengan otak si anak,” ingatnya. (agn)