Masa Tenang, Situasi Bengkayang Kondusif

103
Martinus Khiu.

eQuator – Bengkayang-RK. Sejak dimulainya kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Periode 2016-2021 pada 27 Agustus hingga 5 Desember, suasana di Kabupaten Bengkayang aman, tenang dan kondusif.

Penyelenggaraan pilkada Bengkayang, mulai dari pendaftaran, penetapan pasangan calon, pengumuman pasangan calon, cabut undi nomor urut pasangan calon, dan hingga kampanye berjalan lancer. Tahapan tersebut kurang lebih 100 hari.

Massa tenang mulai 6 hingga 8 Desember 2015 berjalan aman dan kondusif. Polres Bengkayang mengantisipasi keamanan, di-back up pasukan Brimob Polda Kalbar. Polisi mengawal proses pemilihan hingga selesai penghitungan suara dan penetapan calon bupati/wakil bupati terpilih.

“Diharapkan masyarakat sudah memastikan pilihannya, sehingga di TPS tidak bingung lagi untuk memilih. Saling menghargai perbedaan, tetap jaga persatuan dan semangat kekeluargaan,” kata Ir Martinus Khiu, Ketua KPU Bengkayang, kemarin.

Pada 9 Desember 2015, dilaksanakan penungutan suara serentak diseluruh Indonesia, khususnya Bengkayang. Dimulai pukul 07.00 sampai pukul 13.00. “Jangan Golput,” tegas Khiu.

Bagi warga yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan 1 (DPTB1), dapat menggunakan KTP dan tanda pengenal lainnya yang sah di TPS terdekat, sesuai domisili di tanda pengenal.

Kepada petugas PPK dan PPS agar melakukan supervisi dan memastikan, bahwa 9 Desember 2015 semua KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Bekerja mengacu pada perundang-undangan yang sudah didalami saat Bimtek. “Yang jelas kita siap menyambut pelaksanaan Pilkada Bengkayang 2015, semoga berjalan lancar dan sesuai harapan bersama,” harap Khiu.

Tuti warga Bengkayang mengaku siap mencoblos pada 9 Desember 2015 nanti. Dia juga sudah mendapat undangan memilih di TPS 05 Kelurahan Bumi Emas Bengkayang.

“Siapa jagoan saya, antara nomor 1 dan 2 menjadi rahasia dong,” ucap wanita 40 tahun itu. Dia berharap, siapa pun bupati dan wakil bupati Bengkayang terpilih, bisa membawa Bumi Sebalo ke arah yang lebih baik.

Sementara Tokoh Masyarakat Bengkayang yang juga Mantan Bupati Bengkayang Drs Jacobus Luna, MSi berharap pelaksanaan pencoblosan 9 Desember nanti berjalan aman, lancar, tertib dan Jurdil. Masyarakat Bengkayang harus mencoblos, untuk salurkan aspirasinya. “Hanya membuang waktu beberapa jam sama saja menentukan pemimpin Bengkayang lima tahun ke depan. Makanya jangan Golput,” ungkap Luna.

Luna berharap pemimpin Bengkayang ke depan lebih bisa melayani dan wujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. “Mari kita tetap jaga persatuan dan kesatuan. Jadikan momentum Pilkada ini untuk memilih pemimpin yang baik dan berkualitas,” tuturnya. (kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here