Malam Hari Terminal Kuala Dua Terkesan Angker

180
Terbengkalai. Terminal Kuala Dua yang kondisinya terlihat terbengkalay, Kamis (11/2). Syamsul Arifin/RK.

eQuator.co.id – Sungai Raya-RK. Terminal Kuala Dua yang terletak di Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya (KKR) tidak difungsikan sehingga menjadi terbengkalay. Parahnya lagi, suasana malam di kawasan terminal itu terkesan angker dan menyeramkan.

Oleh karena itu, Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Fauzi Kasim angkat bicara dan menyatakan bahwa terminal tersebut masih berstatus pinjam pakai dengan Pemerintahan Kabupaten Mempawah.

“Rencananya di terminal tersebut akan dibangun pasar rakyat, tetapi terminalnya tetap ada. Karena status terminal itu masih pinjam pakai, kami masih melakukan pembinaan serta melakukan koordinasi,” ujar Fauzi Kasim.

Ia menambahkan, setelah Pemerintah Kabupaten Mempawah menyerahkan kepada Pemerintah Kubu Raya, pihaknya akan berusaha segera memfungsikan terminal tersebut untuk kepentingan masyarakat luas. “Kalau lihat angkutan oplet sekarang sudah minim sekali. Makanya kami fungsikan sebagai mana mestinya nanti,” timpalnya.

Fauzi Kasim menambahkan, Kubu Raya harus mempunyai terminal, namun wilayahnya harus diperkecil menjadi tipe C. “Kalau masalah terminal tidak terawat, kemungkinan banyak hal, baik angkutannya maupun dengan yang lainnya,” paparnya.

Di singgung terkait status yang terkesan digantung, Fauzi Kasim menambahkan, hal tersebut tergantung dari dua pihak Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah. “Karena leading sektornya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), bukan Dishub. Tetapi beliau sedang berusaha agar status terminal tersebut milik Pemerintah Kubu Raya,” harapnya.

Fauzi berharap, masalah aset yang masih pinjam pakai berstatus milik Pemerintah Kabupaten Mempawah tidak terpengaruh dengan yang lain. “Tahun ini kami akan optimalkan. Semoga tidak ada permasalahan dalam pengalihan status,” ucapnya. (Sul)