Lonjakan Arus Mudik Diprediksi H-3 Lebaran

136
Arus Mudik. Suasana arus mudik Lebaran di Pelabuhan Sukabangun Ketapang, Kamis (30/6). Jaidi Chandra/RK.

eQuator.co.id – Ketapang-RK. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Ketapang, Agus Hendri menjelaskan, sejauh ini arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah di Kabupaten Ketapang masih berjalan normal. Namun, arus mudik diprediksi bakal mengalami lonjakan pada H-3 menjelang Lebaran. “Sampai hari ini arus mudik masih berjalan normal. Baik untuk angkutan darat, sungai, udara maupun laut,” ucap Agus Hendri, Kamis (30/6).
Menurutnya, lonjakan pemudik dari luar ke Kabupaten Ketapang maupun sebaliknya diperkirakan bakal terjadi pada H-3 menjelang Lebaran.

Oleh karena itu, pihaknya telah melakukan berbagai upaya persiapan guna membantu pengamanan dan kenyamanan para pemudik. Karena pada H-3 sudah memasuki waktu libur. “Kita perkirakan lonjakan pemudik di semua angkutan transportasi darat, sungai, laut dan udara terjadi pada H-3 sebelum Lebaran,” ulasnya.
Untuk itu, sambung dia, mulai saat ini sudah mulai melakukan pengecekan kesiapan mudik serta memberikan imbauan kepada penyedia jasa transportasi untuk tidak membawa penumpang secara berlebihan atau melebihi kapasitas. Seperti angkutan umum di terminal antarkota di Desa Payak Kumang yang sudah dilakukan pengecekan dan semuanya layak jalan. “Anggota juga sudah kita minta mengawasi dan memberi imbauan supaya tidak membawa penumpang yang melebihi kapasitas,” imbaunya.
Agus menjelaskan, saat ini untuk angkutan umum darat hanya rute Kabupaten Ketapang menuju Kabupaten Kayong Utara dan sebaliknya dengan dua bus yang aktif. Sedangkan untuk rute kota Ketapang ke Kecamatan Manis Mata dilayani bus Damri. Kemudian, untuk angkutan laut seperti ekspres hanya ada satu armada yang beroperasi.
“Untuk angkutan sungai yakni speed rute dari kota Ketapang menuju Kecamatan Sandai dan jalur udara dilayani tiga maskapai,” timpalnya.
Sementara itu, Agus menambahkan, saat ini untuk jalur udara dilayani maskapai Avia Star rute Jakarta-Ketapang dan sebaliknya.
Selain melakukan pengecekan kesiapan angkutan maupun jasa transportasi lainnya, Agus menambahkan, saat ini dari pantauan pihaknya untuk harga tiket masih normal dan diharapkan tidak ada lonjakan yang signifikan.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau masyarakat yang melakukan mudik untuk berhati-hati. Terlebih diperkirakan banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur darat.
“Kita minta persiapkan kendaraan dengan baik dan jaga stamina tubuh selama mudik. Berhenti dan beristirahat jika mulai capek demi keselamatan,” ulasnya.

Reporter: Jaidi Chandra

Redaktur: Andry Soe