Logo Jawapos.com Dicatut untuk Hoax

16
HOAX

eQuator.co.id – ANDA harus waspada dengan posting-an akun-akun buzzer seperti negri.durjana. Mereka sering kali mencatut media mainstream untuk menyebarkan hoax. Misalnya, yang dilakukan terhadap pencatutan logo Jawapos.com berikut ini.

Pada Sabtu (3/2) mereka mengunggah gambar seolah screenshot dari portal berita Jawapos.com. Screenshot berita itu diberi judul, ’’Beredar Isu Perihal Kartu Kuning yang Dikeluarkan Zaadit Taqwa Merupakan Pesanan FZ dan FH’’. Memang dalam tangkapan layar tersebut tidak ada tulisan link berita dari Jawapos.com. Namun, logo di kiri atas merupakan logo Jawapos.com.

Pemimpin Redaksi Jawapos.com Dhimas Ginanjar memastikan bahwa tidak ada berita di portalnya dengan judul tersebut. Di Jawapos.com memang terdapat beberapa berita soal Zaadit Taqwa, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia. Termasuk yang diterbitkan 3 Februari 2018.

Sejak aksi Zaadit Taqwa memberikan kartu kuning kepada Presiden Joko Widodo saat pelaksanaan dies natalis UI, mahasiswa itu memang banyak diserang sejumlah pihak. Serangan yang tidak bisa ditoleransi tentu kabar-kabar hoax.

Aktivis Mafindo (Masyarakat Anti Hoax Indonesia) menemukan hal serupa di berita portal detik.com. Pelakunya akun Instagram Jokerpolitik. Akun itu mengunggah gambar yang seolah-olah berita dari detiknews.com.

Berita palsu tersebut diberi judul, ’’Kerabat Sebut Zaadit Taqwa Alami Gangguan Jiwa sejak Jokowi Terpilih Menjadi Presiden’’. Tidak ada berita di Detiknews dengan judul seperti itu. Yang ada adalah berita berjudul, ’’Ketua BEM UI Zaadit Taqwa Luruskan Salah Paham Tweet Promosi PKS’’.

Di media sosial memang mulai banyak bermunculan akun buzzer yang bertindak culas menyebarkan hoax. Modusnya membuat screenshot berita yang diedit dengan judul sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu akun yang doyan melakukan cara seperti itu ialah akun Instagram Soemberwaras. Akun tersebut beberapa kali berganti nama. Awalnya sempat terdeteksi bernama Sumbewaras. (Jawa Pos/JPG)