Listrik Sering Byarpet, Tes UKG Diperpanjang

110
ilustrasi. net

eQuator – Sungai raya-rk. Ujian Kompetensi Guru (UKG) di Kabupaten Kubu Raya (KKR) terpaksa harus diperpanjang. Sebab, beberapa kali penyelenggaraan, listrik sering byarpet.

“Di KKR sebenarnya UKG dilakukan mulai 9 November hingga 20 November mendatang. Karena beberapa saat pelaksanaan tes  cukup sering terjadi pemadaman lampu. Kalau tidak salah UKG diperpanjang hingga 23 November mendatang,” kata Muhammad Yunus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) KKR kepada wartawan, Kamis (19/11) di ruang kerjanya.

UKG yang dilaksanakan Diretorat Jenderal Guru dan Tenaga  Pendidikan bekerjasama dengan Disdikbud KKR ini diuntukan bagi guru PNS maupun honor. “Kalau ditotal saat ini KKR memiliki sekitar 5.200 tenaga pengajar yang terdiri dari guru yang telah berstatus PNS maupun honor. Namun dalam UKG karena masih berlangsung hingga sekarang baru sebagian  guru saja yang mengikuti UKG,” ucap.

UKG tahun 2015, kata Yunus merupakan salah satu program pemetaan kompetensi secara detail yang diharapkan dapat menggambarkan kondisi objektif guru di lapangan. Pemetaan kompetensi ini juga merupakan informasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh tenaga pengajar. “Saya berharap dengan adanya UKG ini secara tak langsung bisa memotivasi setiap guru untuk meningkatkan kualitas dalam mendidik dan mengajar para murid di sekolah. Dengan demikian secara tak langsung memberikan kontribusi besar bagi meningkatnya kualitas dunia pendidikan di Kubu Raya,” ucapannya.

Hasil UKG, lanjut Yunus  juga menjadi landasan bagi pemerintah dalam memberikan sejumlah tunjangan peningkatan kesejahteraan guru, seperti tunjangan sertifikasi, tunjangan guru terpencil dan sejenisnya. “Saya berharap semoga saja setiap guru yang telah mengikuti UKG bisa benar-benar menjadi lebih berkualitas dan profesional dalam mendidik para pelajar yang ada di KKR,” harap Yunus.

 

Laporan: Syamsul Arifin

Editor: Arman Hairiadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here