Kuburan Bayi Hebohkan Warga

168
POLICE LINE. Kuburan bayi di Jalan Perdana, Pontianak Selatan di-police line dan diselidiki kepolisian, Kamis (3/3). ACHMAD MUNDZIRIN

Pontianak-RK. Warga Jalan Perdana, Bansir Darat, Pontianak Selatan, Kamis (3/3) dihebohkan adanya kuburan bayi yang tak diketahui siapa dan di mana keberadaan orangtuanya.

Nisan kuburan itu bertuliskan nama bayi, Alwi bin Arman. Warga memberitahukan kepad pihak kepolisian. Kepolisian pun langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mem-police line kawasan kuburan bayi tersebut.

Tim Inafis Polresta Pontianak membongkar kuburan kecil itu. Ditemukan jasad bayi terbungkus kain kafan dan diduga baru meninggal beberapa hari lalu.

“Kita semua mengetahui ini, berawal dari warga yang melihat adanya tumpukan tanah lengkap dengan nisan, tadi pagi,” kata Danang Ketua RT setempat.

Bersama warga, pihak RT mendatangi lokasi kuburan tersebut. Ternyata apa yang disampaikan warga benar. Bayi itu dikubur bukan di lokasi pemakaman. “Kita laporkan kepada pihak kepolisian,” katanya.

Danang mencari tahu, apakah ada warganya yang habis melahirkan. Namun faktanya tak ada warga yang melahirkan. “Kalau yang hamil ada, tapi kalau yang melahirkan tidak ada,” tuturnnya.

Kapolsek Pontianak Selatan, AKP Kartyana mengatakan, jajarannya sedang menyelidiki kuburan itu. “Dari keterangan warga, tidak ada yang tahu siapa orangtuanya, atau pun siapa yang menguburkan bayi ini di sini,” jelas AKP Kartyana.

Kuburan tersebut ditemukan Rabu sore. Saksi yang mengetahui ini, melintas sekitar jam satu siang, kuburan itu belum ada. “Namun begitu sorenya, saksi yang melintas, tiba-tiba melihat sudah ada kuburuan di bawah pohon akasia itu,” ungkap Kapolsek Selatan.

Polisi akan melakukan olah TKP, identifikasi dan melakukan penyelidikan. Jasad bayi akan dipindahkan ke pemakaman umum. “Dugaannya apa, masih belum diketahui. Karena kami baru akan melakukan penyelidikan,” jelas Kartyana. (zrn)