KUA dan PPP “Bersaing” Gelar Sunatan Massal

301
SUNATAN. Salah seorang anak yang badannya cukup sehat nampak merintih kesakitan ketika petugas medis menyunatnya di Sekretariat PPP Kecamatan Singkawang Selatan. Sedangkan seorang anak lainnya, nampak begitu santai disunat di KUA Singkawang Selatan, Rabu (23/12). Mordiadi-RK.

eQuator – Singkawang-RK. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singkawang Selatan berseberangan dengan Sekretariat Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Keduanya melaksanakan Sunatan Massal pada hari dan jam yang sama.

“Kita di sini (KUA, red) melaksanakan sunatan massal, di depan PPP juga melaksanakan, kita bagi dualah,” kata Bulyamin Hadimin SHI, Panitia Sunatan Massal ditemui di KUA Kecamatan Singkawang Selatan, Rabu (23/12) pagi.

Bulyamin menjelaskan, Sunatan Massal di KUA ini dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag). “Awalnya peserta yang sunatan hanya 57 anak, tetapi berkembang menjadi 57 anak,” katanya.

Sunatan Massal ini menggunakan dana Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Singkawang Selatan dibantu para donatur seperti perbankan, rumah makan dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Singkawang, Andi Syarif.

Pelaksanaan sunatan (khitan) secara bersamaan antara KUA dan PPP ini mendapat tanggapan positif dari Ketua KONI, Andi Syarif selaku donatur. “Ini berlomba-lomba dalam hal positif, yakni menjalankan perintah untuk mensucikan diri seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim,” katanya.

Selain untuk menjalankan perintah Allah Swt, sunatan massal ini juga untuk membantu meringankan beban para orangtua yang memiliki anak laki-laki. “Ini membantu meringankan beban orangtua yang memiliki anak laki-laki yang sudah waktunya di-khitan,” jelas Andi.

Persaingan KUA dengan PPP dalam menggelar Sunatan Massal ini, kata Andi, hendaknya diikuti setiap pengurus Masjid di Kota Singkawang. “Kita harapkan seluruh pengurus Masjid menggelar sunatan massal, utamakan anak-anak yang belum sunat di sekitar Masjid,” ajaknya. (dik)