KTNA Siap Bantu Pertanian

85
acara pelantikan KTNA di aula kantor camat Ngabang. Antonius

eQuator – Ngabang-RK. Ketua Kelompok Kontak Tani Nelanyan Andalan (KTNA) Kabupaten Landak, Syaidan Ameng melantik pengurus KTNA tingkat kecamatan di ruangan rapat kantor camat Ngabang, Kamis (14/1). Diharapkan pengurus KTNA bisa menjalankan tugasnya dengan baik dalam membantu memajukan pertanian.
Syaidan Ameng mengakui selama ini orang menganggap pengurus KTNA Landak tidak aktif dalam menjalan fungsinya.
“Setelah pelantikan ini, semua pengurus bisa aktif dan harus bekerjasama dengan Dinas Petanian dan Perikanan,” katanya.
Ia mengajak semua anggota dapat berperan aktif menyukseskan program pembangunan pertanian untuk menuju petani yang mandiri dan sejahtera. “Tahun ini akan berkerjasama dengan pemerintah membangun pertanian di Landak. Jadi pengurus mau mengajak masyarakat untuk membangun,” ucapnya.

Sementara itu Camat Ngabang, Yosef mengatakan meski tak memiliki dana untuk menjalankan fungsinya, pengurus KTNA Landak bisa bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk membantu menyukseskan program pembangunan pertanian.
“Kita harus bisa proaktif untuk memperhatikan pertanian yang ada.  Dulu lahan pertanian masih banyak, tapi sekarang dirubah menjadi lahan sawit. Ini, yang harus kita pertahankan,” kata Yosef.
Ia menilai masyarakat dulu masih manja dengan alam, tapi sekarang kita harus berubah.  Dulu, masyarakat mencari rebung cukup pergi ke hutan. Tapi sekarang sudah tidak bisa lagi, karena hutannya sudah tidak ada lagi, sudah menjadi kebun sawit. Sekarang saatnya masyarakat mengubah pola pikir.

“Saya juga minta masyarakat yang memelihara hewan supaya hewannya dikandangkan, terutama di kampung, babi main dilepas, tapi bagaimana harus dipelihara di kandang, supaya tanamannya bisa berhasil,” pintanya.
Ia juga meminta masyarakat tak hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah. “Harus mau berusaha membangun pertanian,” tegas Yosef.(ius).