Kroasia vs Spanyol, Jaga Posisi Puncak

103

eQuator.co.id – Kroasia akan menghadapi tim kuat Spanyol di Stade de Bordeaux dalam pertandingan perakhir penyisihan Grup D Euro 2016, Rabu (22/6) pukul 02.00 WIB. .

Spanyol berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 atas Turki untuk memastikan kelolosan mereka ke babak 16 besar, meskipun mereka masih belum mengamankan posisi puncak. Sebuah kemenangan bagi Kroasia akan membuat mereka lolos dengan berstatus sebagai juara grup, sementara hasil imbang akan membuat mereka menempati posisi kedua di bawah Spanyol.

Jika Republik Ceko gagal mengalahkan Turki di pertandingan lan, yang akan berlangsung pada saat yang sama, Kroasia masih akan menempati posisi setidaknya kedua terlepas dari hasil mereka melawan Spanyol.

Spanyol mampu tampil dengan optimal di pertandingan mereka melawan Turki. Nolito diberi kesempatan bermain kembali meski tampil mengecewakan di pertandingan pertama Spanyol. Penyerang Celta Vigo itu membayar penuh kepercayaan Del Bosque dengan mengantongi gol dan dan assist di pertandingan itu.

Kemenangan tersebut memperpanjang rekor tak terkalahkan Spanyol di Euro menjadi 14 pertandingan. Spanyol hanya kemasukan satu gol dalam 18 jam dan 18 menit terakhir penampilan mereka di turnamen ini.

Kroasia menyia-nyiakan kesempatan untuk memastikan kelolosan mereka setelah gagal mempertahankan keunggulan 2-0 mereka dalam pertandingan melawan Republik Ceko, yang merupakan salah satu pertandingan paling menghibur di turnamen sejauh ini.

Namun pertandingan itu ternoda dengan ulah para fans Kroasia yang melemparkan petasan ke lapangan. Momen itu terjadi saat Kroasia masih dalam posisi unggul, dan akhirnya mereka tak mampu mempertahankan keunggulan tersebut di menit-menit akhir.

Tiga gelandang Kroasia Mateo Kovacic, Modric dan Rakitic bermain di kompetisi La Liga Spanyol dan mereka akan sangat akrab dengan beberapa pemain tim lawan mereka kali ini. Jika mereka menempati posisi kedua setelah pertandingan ini, maka mereka akan dihadapkan dengan juara Grup E Italia di Stade de France pada 27 Juni mendatang.

Luka Modric, kehadiran Modric di lini tengah Kroasia sangat dibutuhkan untuk menghadapi barisan gelandang Spanyol yang terkenal tangguh. Gelandang Real Madrid ini telah menunjukkan performa yang impresif di dua pertandingan pertama Kroasia, dan laga menghadapi Spanyol akan menjadi ujian terberat baginya di penyisihan grup kali ini. Pengalaman bermain di La Liga selama ini akan memberikan kemudahan bagi Modric untuk menghadapi beberapa gelandang Spanyol seperti Sergio Busquets, Koke atau Andres Iniesta.

Alvaro Morata, di turnamen Euro 2016 kali ini akhirnya Alvaro Morata mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kemampuannya di tim nasional Spanyol. Sebelum ini ia selalu tersisihkan karena dianggap belum memiliki kematangan sebagai penyerang utama, namun semenjak tampil gemilang bersama Juventus, akhirnya Vicente Del Bosque memberikan kepercayaan penuh kepadanya. Performanya saat menghadapi Turki membuktikan bahwa Morata bisa diandalkan di pertandingan besar, dan Kroasia wajib mewaspadai pergerakan penyerang ini.

Setelah meraih dua kemenangan di pertandingan penyisihan grup, Spanyol kemungkinan akan menurunkan skuat pelapis untuk memberikan kesempatan bermain kepada beberapa pemain penghangat bangku cadangan. Namun itu tentu tidak akan mengurangi kekuatan mereka secara drastis, dan Kroasia butuh lebih dari kerja keras untuk bisa meraih kemenangan di pertandingan ini, karena bagaimana pun Spanyol tetaplah diunggulkan. (*)

Susunan Pemain 

Kroasia XI: Subasic – Srna, Corluka, Vida, Strinic – Badelji, Modric – Perisic, Brozovic, Rakitic – Mandzukic.

Spanyol XI: Casillas – Ramos, Bartra, Hector, Azpilicueta – Busquets, Koke, Tiago – Morata, Aduriz, Pedro.

 

Facebook Comments