Konsep Greenery untuk Hari nan Fitri

Oleh: Zahrul Basimah, ST

65

eQuator.co.id – Tak terasa hari raya sudah di depan mata. Sudahkah Anda mempersiapkan rumah anda untuk menyambut Idul Fitri tahun ini?

Di Pontianak, hari raya Idul Fitri berlangsung dengan meriah. Saling berkunjung ke rumah sanak saudara dan handai taulan telah menjadi suatu tradisi yang tidak akan terlewatkan setiap tahunnya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika mulai jauh-jauh hari menata kembali rumah anda untuk menyambut tamu yang akan ramai berkunjung pada hari raya nanti.

Konsep penataan rumah yang sedang marak pada tahun ini ialah konsep greenery. Greenery merupakan tren warna yang dikeluarkan oleh pantone dengan memadukan antara warna hijau dan kekuningan yang terinspirasi dari alam.

Mungkin beberapa orang akan berpikir bahwa warna hijau terlihat mencolok dan sulit untuk dipadukan dengan warna lain. Tetapi pernahkah anda menyadari, bahwa alam di sekitar kita misalnya kebun yang didominasi oleh warna hijau selalu terlihat selaras dengan bunga yang berwarna-warni. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa greenery adalah warna yang bersifat netral.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan konsep greenery pada rumah anda.

Furnitur Serba Hijau

Konsep greenery dapat diaplikasikan dengan mudah pada ruang tamu anda. Misalnya dengan memilih furnitur yang serba hijau. Sofa berwarna dusky grass dapat menjadi pilihan yang menarik untuk memunculkan konsep ini.

Tone warnanya yang sedikit gelap terlihat ramah di mata, namun tetap menjadi point of view dalam ruangan. Selain itu, anda juga dapat memadukan furniture warna dusky grass ini dengan warna silver pada bantal kursi untuk menambahkan kesan elegan dan berkelas.

Hadirkan Kesegaran Tanaman

Saat ini, menghadirkan tanaman di dalam rumah seakan suatu kewajiban. Terutama bagi anda yang ingin menerapkan konsep greenery.

Secara alami, tanaman memiliki nilai dekoratif dari bentuk ranting, daun, maupun bunganya begitu juga dengan warnanya. Kunci pemakaian tanaman hidup sebagai dekorasi ruang adalah pilihlah sesuai selera anda.

Tentu saja anda dapat memajang tanaman kesayangan anda di dalam rumah. Namun ada beberapa hal yang juga harus dipertimbangkan, yakni jenis tanaman dan ukurannya.

Pertimbangkan kebutuhan air serta cahaya alami yang dibutuhkan jenis tanaman tersebut, agar tanaman kesayangan anda tetap subur dan segar. Selain itu, tempatkan tanaman pada area yang tepat. Misalnya, tanaman dengan ukuran yang relatif besar dapat diletakkan di sudut ruangan dan tanaman yang lebih kecil dan berbunga dapat diletakkan di atas meja.

Ubah Warna Dinding

Mengubah warna dinding menjadi bernuansa hijau mungkin menjadi pilihan yang ekstrem bagi sebagian orang. Namun tidak ada salahnya sesekali mencoba untuk berani berekspresi.

Untuk pemilihan warna dinding sebaiknya, jangan memilih warna hijau tua. Karena akan cukup sulit untuk dipadu-padankan dengan warna lain. Anda dapat mengecat warna dinding dengan warna hijau muda atau warna hijau zaitun muda yang berkesan modern namun tetap segar.

Elemen Dekorasi Nuansa Alam

Agar konsep greenery ini terasa lebih kuat, anda dapat menambahkan elemen dekorasi yang bernuansa alam pada hiasan dinding, bantal-bantal kecil bahkan karpet. Pilihlah motif dedaunan pada bantal-bantal yang diletakkan di sofa atau karya seni yang bertemakan alam dengan dominasi warna hijau yang dapat digantung di dinding.

Selain itu, anda juga dapat memilih karpet berwarna hijau. Bisa juga karpet rumput sintetis pada ruang tamu atau ruang keluarga, agar ruangan terlihat lebih segar dan nyaman.

Bagaimana? Anda mulai terinspirasi? Konsep greenery ini tentu akan menjadi terobosan dalam menata rumah untuk menyambut hari raya tahun ini. Selamat berkreasi! *