Kompak, Hari Ini Mulai Puasa Ramadhan

43
Ilustrasi

eQuator.co.idSemua organisasi atau aliran-aliran dalam Islam di Indonesia yang menggunakan metode Hisab atau Rukyat, sepakat 1 Ramadan 1438 Hijriyah bertepatan dengan 27 Mei 2017 Masehi, hari ini.

“Tidak adanya perbedaan dalam penetapan awal puasa ini patut disyukuri,” kata Nahruji Sudiman, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Singkawang, ditemui Rakyat Kalbar, di ruang kerjanya, Jumat (26/5).

Nahruji berharap, pada bulan yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya ini, umat Islam dapat menjalankan kewajiban berpuasa sesuai dengan yang telah disyariatkan. “Amalan di dalamnya memberikan kontribusi yang besar, baik bagi perkembangan diri, masing-masing kelompok, maupun berbangsa dan bernegara,” katanya.

Orang-orang yang beriman, menurut Nahruji, tentu telah siap menerima kedatangan bulan suci Ramadan ini. Salah satunya dengan merasa senang atau gembira. “Ada beberapa keberuntungan yang diperoleh dalam melaksanakan ibadah puasa, yaitu dibebaskan dari api neraka dan akan diampuninya dosa-dosa kita,” ujarnya.

Demi mengingatkan umat Islam dan menyemarakkan Ramadan tahun ini, kata Nahruji, Kemenag Singkawang telah memasang spanduk dan menyebar Jadwal Imsak serta menggagas Safari Ramadan di berbagai kecamatan di Kota Amoy ini.

Terkait dengan Jadwal Imsak ini, Nahruji menegaskan, semua harus merujuk Jadwal Imsaki Kemenag. “Wilayah Singkawang dan sekitarnya rujukannya tetap Kemenag Kota Singkawang, agar tidak terjadi perbedaan jadwal Imsak,” tutupnya.

Laporan: Suhendra

Editor: Mordiadi

Facebook Comments