Klaim Wilayah Hukumnya Aman

136
Iptu Fauzan

eQuator – Sintang-RK. Selama 2015, wilayah hukum Mapolsek Kelam Permai masuk kategori aman dan terkendali. Tidak ada peningkatan kasus maupun laporan yang masuk.

“Artinya wilayah kita aman,” kata Iptu Fauzan, Kapolsek Kelam Permai, Minggu (27/12).

Meskipun masuk dalam kategori aman, jajaran Polsek Kelam tetap tidak lengah atau lalai untuk melakukan upaya pencegahan. “Setiap hari kita selalu melakukan giat proaktif policing, sebagai langkah pencegahan aksi kejahatan,” ujarnya.

Menurut Fauzan, ada beberapa titik menjadi fokus pencegahan aksi kejahatan, yakni kawasan keramaian dan simpang empat Kelam. Kemudian objek vital seperti, ATM, Credit Union (CU) dan toko mas serta sembako. “Personil kita mencukupi,” tuturnya.

Fauzan mengharapkan peran serta masyarakat, bersama-sama membentengi dan mengantisipasi aksi kriminalitas. Seperti tidak memancing niat para pelaku kejahatan. “Seperti mengenakan perhiasan berlebihan di tempat umum, memarkirkan sepeda motor tanpa kunci stang dan kunci ganda, serta meninggalkan rumah tanpa menitipkan pesan kepada tetangga,” ungkapnya.

Dikatakannya, suasana keramaian pada perayaan Natal dan Tahun Baru, bisa saja dimanfaatkan pelaku kriminal untuk melancarkan operasinya. Biasanya penjahat memanfaatkan moment dan kesempatan seperti ini. “Jangan sampai kita lengah dan lalai. Apalagi para pelaku pencurian seperti jambret dan Curanmor, selalu memanfaatkan kelengahan korbannya. Ingat, kejahatan itu siap mengintai siapa saja, makanya berhati-hatilah,” tegas Fauzan.

‪Banyak cara membentengi dan mengantisipasi tindak kejahatan. Paling utama harus dimulai dari kebiasaan. Biasakan tidak membawa uang dalam jumlah besar, tidak memamerkan perhiasan atau barang berharga saat berkendara atau di jalanan. Selain itu, ingatkan diri sendiri untuk selalu waspada dan jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa menitipkan pesan kepada kerabat maupun tetangga terdekat.

“Masyarakat harus mengawasi gerak-gerik orang yang tidak dikenal dan mencurigakan, serta segera melapor kepada pihak berwajib. Sekecil apa pun informasi yang diberikan, kami siap mengambil tindakan serta meresponnya dengan tanggap,” kata Fauzan. (adx)