Keseruan Berbagi Ilmu dan Peduli Sesama ala Hima ESA

47
POTRET KEGIATAN. Keseruan kegiatan baksos Hima ESA di Panti Asuhan Al-Haq, Sungai rengas, Sungai Kakap, Kubu Raya—Himas Esa for RK

eQuator.co.idPontianak-RK. Himpunan Mahasiswa (Hima) English Student Assosiation (ESA) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Untan Pontianak menggelar bhakti sosial di Panti Asuhan Al-Haq, Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya, Jumat (12/1).

Selain menyalurkan bantuan berupa pakaian, sembako dan uang, bhakti sosial yang berlangsung selama empat jam itu juga diisi dengan kegiatan edukasi.

“Tadi acaranya pembukaan seperti biasa, ada tilawahnya juga, terus memberikan bantuan yang kita bawa. Dan terakhir kita memberikan pengajaran edukasi khususnya bahasa Inggris ke anak-anak disana,” ujar Bismi Widya Pratiwi, penanggung jawab kegiatan kepada Rakyat Kalbar, Minggu (14/1).

Bismi berharap, kegiatan ini dapat membantu adik-adik di panti asuhan tersebut. Juga menambah wawasan mengenai bahasa Inggris.

“Kita di sana mengajar mereka tentang Vocab. Karena meski mereka tinggal dekat dengan daerah Pontianak tapi daerah mereka terpencil dan mereka jarang keluar,” tambah Bismi.

Ia mengatakan, panti asuhan yang diisi dengan kurang lebih 50 anak tersebut, ternyata masih membutuhkan bantuan tenaga pengajar. Sebab sekolah yang ada ada di dekat panti asuhan tersebut ternyata bukan sekolah formal dari pemerintah.

“Di sana itu kalau nggak salah saya, anak-anaknya nggak sekolah formal. Gurunya dari orang-orang di sana. Untuk itu kan pas banget ada acara ini jadi saya ajuin di sana saja biar bermanfaat ajarin mereka bahasa Inggris,” tutup Bismi.

Kegiatan baksos yang bertajuk Esa-Cares ini juga tidak berjalan mulus. Tentu ada tantangan yang menghampiri. Meski itu tak begitu berarti.

Tiara Utami, mahasiswi baru di Prodi Pendidikan Bahasa Inggis ini juga mengikuti kegiatan baksos tersebut. Ia menceritakan pengalaman pertamanya saat melakukan baksos bersama ESA.

“Di sini kami mendapat sedikit rintangan. Mulai dari jalanan yang terbilang cukup ekstrim karena strukturnya berbatu dan tanah kuning. Seperti kita ketahui bahwa ini musim hujan dan itu membuat jalan untuk sampai ke panti asuhannya sangat licin. Tetapi setelah kami sampai di panti asuhan, kami langsung disambut ramah oleh anak-anak dan juga penjaga panti,” ulas Tiara.

Dengan kegiatan baksos ini, Tiara berharap semakin banyak mahasiswa dari jurusan dan kampus lain yang melakukan kegiatan positif seperti ini. Seru-seruan bersama teman sekaligus bersedekah dan berbagi ilmu. (uci)