Keraton Kubu Ikon Kubu Raya

593
ilustrasi-net

eQuator – Kabupaten Kubu Raya hingga saat ini masih belum memiliki ikon daerah yang jelas. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewacanakan membangun dan menata Keraton Kubu, menjadi kawasan wisata sekaligus ikon Kubu Raya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Saini Umar berharap, dibangunnya Keraton Kubu, semoga bisa menjadi ikon yang sangat positif bagi Kubu Raya. Sehingga kabupaten termuda ini dapat dikenal hingga ke mancanegara.

Saini berharap Pemkab Kubu Raya memberikan dana sharing, membangun dan menata Keraton Kubu yang berada di Kecamatan Kubu. Apalagi Keraton Kubu mempunyai pengaruh besar atas terbentuknya Kabupaten Kubu Raya. “Kubu merupakan bagian dari Kubu Raya. Tanpa adanya Kubu ini, Kubu Raya tidak akan bisa mekar,” jelasnya.

Untuk membangun dan menata Keraton Kubu, kata Saini, diperkirakan memerlukan anggaran Rp15 miliar. Sudah termasuk pembangunan fasilitas dan sarana pendukung. Selain itu, adanya wacana dan pembangunan dan penataan Keraton Kubu, perlu adanya kerjasama dari instansi terkait lainnya.

“Misalnya dalam hal pembangunan akses jalan, Dinas Cipta Karya maupun Dinas Bina Marga juga harus dapat mendukung. Begitu pula dengan Dinas Perhubungan harus dapat mendukung pembangunan dermaga atau stager,” jelas Saini.

Ketika keraton ini sudah terbangun, lanjut Saini, tentunya Kubu Raya dapat menjual produk-produknya, serta dapat memperkenalkan seni budaya bahkan hutan mangrove kepada masyarakat luas

“Wilayah pedalaman seperti Kubu, Teluk Pakedai perlu juga kita bangun. Bukan hanya di Sungai Raya saja, agar ada pemerataan pembangunan. Sehingga masyarakat di sana juga dapat menikmati pemekaran Kubu Raya,” tegasnya. (sul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here