Kerangka Goliath atau Nabi Adam?

73
SEBUAH foto replika kerangka manusia raksasa

eQuator.co.id – SEBUAH foto replika kerangka manusia raksasa laris menjadi bahan hoax. Di Indonesia, penyebar hoax menyebut benda tersebut sebagai tengkorak Nabi Adam. Di luar negeri, ada yang menyebut itu tengkorak Goliath. Katanya ditemukan di Jerusalem.

Foto itu memang menunjukkan sebuah struktur kerangka manusia utuh dari kepala sampai kaki. Bentuk hidungnya aneh, sangat panjang dan runcing.

Ukurannya raksasa. Namun, foto tersebut bukan tengkorak sungguhan. Itu hanya tengkorak replika. Dibuat oleh Gino de Dominicis. Dalam foto, tengkorak tersebut sedang dipamerkan di Palazzo Reale di Milan.

Replika tengkorak yang diberi nama Calamita Cosmica itu dibuat setinggi 28 meter serta berat delapan ton. Gino de Dominicis menyelesaikan karyanya tersebut beberapa saat sebelum meninggal. Calamita Cosmica kini bisa dilihat di Museo Nazionale della Arti del XXI Secolo yang ada di Roma, Italia.

Oleh sejumlah pihak, replika tengkorak itu disebarkan dengan berbagai macam isu. Pemilik akun Facebook Siti Aisyah (Sitiaisyahfansss) menyebarkan foto tersebut dengan caption yang tidak patut. ’’Inilah replika kerangka Nabi Adam.. Subhanallah yg like, share n komen aamiin semoga besok pagi rezekinya melimpah ruah Aamiin…,’’ tulis Aisyah.

Akun Siti Aisyah itu terdeteksi sebagai fake account. Akun tersebut banyak menyebarkan hoax. Termasuk kecelakaan yang sebelumnya dibahas di rubrik Hoax atau Bukan di Jawa Pos Kamis (31/8). Jawa Pos menemukan akun Siti Aisyah menggunakan foto seseorang bernama Mutya Lifyana.

Modus-modus seperti ini memang banyak dilakukan ’’peternak’’ akun Facebook. Meski ngawur, posting-an Siti Aisyah soal tengkorak banyak yang percaya. Buktinya, dibagikan hingga 24.047 kali. Bahkan, dikomentari 82.000 orang yang kebanyakan percaya dengan mengetikkan amin. (Jawa Pos/JPG)