Ke Konter Pulsa Tak Harus Bawa KK dan KTP

22
HOAX

eQuator.co.id – KEBIJAKAN registrasi kartu prabayar masih saja diwarnai hoax. Salah satu yang banyak diembuskan adalah kewajiban membawa kartu keluarga dan KTP pada saat ke konter pulsa.

Kalau tidak percaya, coba saja buka Facebook. Lalu, di kolom pencarian ketik ”Ke konter bawa KK dan KTP”. Simsalabim, hasil pencarian akan menunjukkan berbagai komentar miring soal kebijakan registrasi kartu prabayar yang membuat orang harus membawa KK dan KTP ke konter pulsa.

Misalnya, yang ditulis akun Facebook Rajo Tanjung pada 2 Mei. Dia mengunggah status seperti ini, ”Negara Lawak. Ke Konter HP udah sama rasanya macam pergi ke Kantor Capil. Bawa KK dan Bawa KTP. Hancur Babang dedek, Ghuaahahahaha.”

Atau, unggahan akun Facebook Rawoh Ariesta. Pada 30 April lalu dia menulis status, ”Beli paket kuota berasa kayak mau pergi ke kecamatan, harus bawa KTP dan  KK. Kenapa nggak sekalian  konter di kasih studio pas foto 3×4 R.”

Memang benar, belakangan banyak orang datang ke konter pulsa membawa KK dan KTP. Tapi, itu bukan sebuah kewajiban. Mereka yang datang membawa KK dan KTP itu sebenarnya sedang meminta bantuan untuk registrasi kartu prabayar. Jika Anda sudah registrasi dan datang ke konter pulsa sekadar untuk isi pulsa, ya tidak perlu membawa KK atau KTP.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (APTSI) Merza Fachys mengatakan, untuk pengguna kartu prabayar yang belum atau tidak melakukan registrasi sampai batas waktu yang telah ditunjukan, mereka tetap dapat mendaftarkan nomornya dengan datang ke gerai atau outlet yang berhubungan langsung dengan operator.

Sebagaimana diketahui, Kesatuan Niaga Cellular Indonesia atau KNCI telah membuat kesepakatan dengan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika PPI Kemenkominfo, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (APTSI), perwakilan operator, Kemenko Polhukam, dan Mabes Polri. Kesepakatan pada November silam itu berkaitan dengan diperbolehkannya konter untuk membantu proses registrasi kartu prabayar. (Jawa Pos/JPG)

Fakta: Belakangan memang banyak orang ke konter pulsa membawa KK dan KTP. Mereka minta bantuan registrasi kartu prabayar. Kalau tak butuh bantuan registrasi, misalnya sekadar beli pulsa, ya tak perlu membawa KK dan KTP.