Kaum Perempuan Harus Rutin Cek Kesehatan

29
PANTAU. Kepala Kejari Sambas, M Kandi sedang memantau jalannya pemeriksaan kesehatan gratis bagi kaum perempuan di Aula Kantor Kejari Sambas, Selasa (10/10)—Sairi/RK

eQuator.co.idSambas-RK. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sambas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sambas memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada kaum perempuan di Aula Kejari, Selasa (10/10) pagi. Pemeriksaan kesehatan gratis ini meliputi tes IVA, sadanis, kanker payudara, gula darah dan pengecekan kolesterol.

“Kegiatan bhakti sosial ini program nasional, karena juga dilakukan oleh Kejari lainnya se Indonesia. Cuma waktu pelaksanaannya saja yang berbeda. Untuk hal ini, kita bekerjasama dengan Dinkes Sambas,” kata M Kandi SH, Kepala Kejari Sambas usai memantau jalannya proses pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membuat kaum perempuan di wilayah kerjanya menjadi tangguh dan sehat.

“Karena kegiatan ini tentunya dapat membantu mereka untuk mengetahui secara dini penyakit yang mungkin saja ada di dalam tubuh mereka. Sehingga dalam usaha penyembuhannya akan lebih mudah,” ucapnya.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sambas, Satini M Kandi menambahkan, kaum perempuan harus peduli dengan kesehatan diri mereka sendiri dengan rutin memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan yang ada.

“Kita memang mengajak dan mengundang para ibu-ibu di Sambas untuk memeriksakan kesehatan mereka. Jangan sampai terlambat, selalu periksa kesehatan secara berkala pada fasilitas kesehatan yang ada,” ungkapnya.

Untuk menarik minat kaum perempuan dalam memeriksakan kesehatan mereka, selain memberikan pelayanan gratis, Kejari Sambas juga menyiapkan doorprize.

“Ini diharapkan menjadi daya tarik bagi mereka untuk aktif memeriksakan diri,” tutupnya.

Ketua TP PKK Sambas, Sri Ranayawati menambahkan, setiap kali ada pertemuan ia selalu mengajak lebih banyak lagi kaum perempuan untuk memeriksakan kesehatan.

“Saya mengajak ibu-ibu PKK Sambas untuk tidak henti mengkampanyekan pentingnya pemeriksaan kesehatan bagi kaum perempuan. Karena kita adalah tiang sebuah keluarga, kaum perempuan harus kuat dan sehat,” katanya.

Satu diantara peserta, Neneng mengaku senang dengan adanya pemeriksan kesehatan gratis ini.

“Kan biasanya di Puskesmas juga ada pemeriksaan seperti ini, tapi ini menyenangkan. Kita bisa bertemu ibu-ibu lainnya, bertukar pengalaman dan ada doorprize-nya juga,” ucapnya. (sai)