Katak di Dalam Es Krim

14
HOAX

eQuator.co.id – PETERNAK akun Facebook yang kurang kreatif kerap main comot konten dari luar negeri. Contohnya yang dilakukan pengelola fan page Facebook Ayu Ting Ting (fb.com/Ayu-Ting-Ting-433887190383372) berikut ini. Dia menyebarkan hoax soal anak yang keracunan es krim.

“Hati-hati bocah ini diduga keracunan es. Tadi yang melihat mohon 1 detik aja komen Aamiin, semoga bocah ini selamat Aamiin. Saya bersumpah akan bagikan gambar ini, ucapan adalah doa!”. Begitulah status yang diunggah fan page Ayu Ting Ting abal-abal. Dalam status itu diunggah pula tiga foto.

Foto pertama menggambarkan seorang anak kecil. Entah anak itu tertidur, pingsan, atau meninggal. Foto kedua dan ketiga menunjukkan es krim yang di dalamnya terdapat benda aneh, seperti sebuah hewan. Satu di antara dua foto es krim itu ternyata sempat viral. Sebab, di dalam es krim pink itu memang terdapat katak kecil. Situs yang membagikan foto-foto lucu 9gag.com pernah mengunggah foto tersebut. Judulnya, This frog ice cream.

Banyak yang mengomentari kehadiran foto tersebut. Ada yang percaya. Ada yang menganggap itu hanya lelucon. Tapi, ada juga yang mencoba mengidentifikasinya sebagai foto hasil olah digital. Dugaan itu muncul karena es krim telah tergigit, tapi kaki katak yang muncul dari dalam justru masih utuh. Netizen yang mengunggah foto itu di 9gag juga tidak memberikan caption apa pun. Yang pasti, tak ada penjelasan bahwa es krim itu membuat seorang anak keracunan.

Jawa Pos menemukan bentuk lain dari fenomena katak dalam es krim itu. Kali ini bukan foto, melainkan sebuah video di YouTube. Pengunggahnya sebuah pengguna YouTube Halter (Cabecada). Akun itu juga sepertinya sebuah akun lelucon saja.

Pada 1 September 2016, akun itu mengunggah video es krim yang mencair. Di dalam di es krim itu terdapat katak kecil. Bentuk dan warna es krim tersebut mirip dengan foto yang diunggah di 9gag. Dikutip dari dua situs berita asal Inggris, video itu diyakini berasal dari Brasil.

”Sepertinya katak itu menempel di stik dan ikut membeku,” tulis mirror.co.uk. Meski begitu, banyak juga komentator di video yang diunggah akun Halter yang curiga akan keaslian es krim tersebut. Ada yang menduga es krim itu hanyalah mainan layaknya slime.

Foto katak dalam es krim itu sering dimanfaatkan peternak akun-akun media sosial. Bukan hanya akun Ayu Ting Ting, foto dan deskripsi yang sama juga diunggah fan page Facebook Ustadz Arifin Ilham (Fb.com/ustadzfanss). Meski fan page tersebut bukan milik Arifin Ilham, tapi 315 ribu-an pengguna Facebook mengikuti akun tersebut. (Jawa Pos)

Fakta: Foto katak dalam es krim bersumber dari 9gag.com, situs komedi yang menampilkan gambar, foto, atau video lucu. Foto itu juga diyakini sebagai lelucon. Sebab, es krim yang tampak sudah tergigit, sedangkan kaki katak tetap utuh.