Karolin dan Heriadi Tak Sabar Bangun Landak

109
PERSIAPAN PELANTIKAN. Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi mengikuti gladi bersih persiapan pelantikan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Landak periode 2017-2022 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (19/5). RINTO HUMAS FOR RAKYAT KALBAR

eQuator.co.idPontianak-RK. Bupati dan Wakil Bupati Landak terpilih dr Karolin Margret Natasa-Herculanus Heriadi, SE mengikuti gladi bersih persiapan pelantikan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (19/5).

Putri sulung Gubernur Drs. Cornelis, MH dan pasangannya Herculanus Heriadi itu unggul pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 15 Februari 2017 melawan kotak kosong. Karolin dan Heriadi berhasil merebut hati dan mengumpulkan suara warga Landak. Karolin menjadi perempuan pertama yang menjabat bupati di Kalbar.

Politisi PDI Perjuangan yang sudah dua periode menjabat anggota DPR RI ini akan memimpin Kabupaten Landak periode 2017-2022. Dia akan dilantik oleh ayahnya sendiri, Senin (22/5) mendatang.

Gladi kemarin dipimpin Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar Alexander Rombonang. Sejumlah staf protokol Pemprov Kalbar juga terlihat memandu acara tersebut. Bahkan Gubernur Cornelis juga sempat melihat proses gladi bersih, sebelum masuk ke ruang kerjanya.

Usai gladi bersih, Karolin mengatakan, tidak ada persiapan secara khusus dalam pelantikan ini. Ia menyampaikan, usai dilantik dirinya langsung bekerja untuk membangun Kabupaten Landak.

“Saya siap lahir dan batin menerima amanah dari rakyat. Saya siap menjalankan tugas dan memimpin Kabupaten Landak lima tahun ke depan,” kata Karolin.

Pelantikan itu berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri yang ditujukan kepada Gubernur Kalbar Nomor 273/2222/SJ pada10 Mei 2017. Dan diterima Biro Pemerintahan Provinsi Kalbar pada12 Mei 2017.

Kepala Biro Bina Otonomi Daerah dan Pemerintahan Kalbar, Natalia Karyawati menerangkan, berdasarkan surat Mendagri, pelantikan calon bupati dan wakil bupati serta calon walikota dan wakil walikota hasil Pilkada serentak tahun 2017 akan dilaksanakan secara serentak pada 22 Mei 2017.

“Pelantikan ini dilakukan di masing-masing provinsi dari kepala daerah dan wakil kepala daerah,” kata Natalia.

Karolin dan Thjai Cui Mie menjadi perempuan pertama yang mendapatkan kepercayaan masyarakat sebagai kepala daerah pada Pilkada serentak 2017. Sementara Thjai Cui Mie menjabat Walikota Singkawang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak menetapkan pasangan calon Karolin-Heriadi sebagai pemenang Pilkada dengan perolehan suara 96,86 persen.

 

Laporan: Deska Irnansyafara

Editor: Hamka Saptono