Kapolsek Dialog dengan Berbagai Kalangan

Wujudkan Kamtibmas

135
Usai mengelar kegaitan tatap muka, Kapolsek Teluk Batang, Iptu Aris Pramudji Widodo berfoto bersma. ----Foto Polsek Teluk Batang for Rakyat Kalbar

eQuator – Teluk Batang-RK. Mewujudkan keamanan dan ketertiban bersama, Mapolsek Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, mengelar kegiatan tatap muka bersama pemuka masyarakat, agama dan berbagai kalangan di Aula Mapolsek Teluk Batang, Senin (28/12).

Kegiatan tersebut turut dihadiri berbagai lapisan masayarakat. Diantaranya, para Tenaga Kerja Bongkar Muat(TKBM), penjaga tiket kapal klotok maupun spead boad, tukang ojek, penjaga malam dan Satpam. Selain itu, hadir pula Muspika, Camat, Danramil Teluk Batang, serta Kades Teluk Batang Kota dan Kades Teluk Batang Selatan.

Kapolsek Teluk Batang, Iptu Aris Parmudji Widodo mengatakan, tatap muka ini dilakukan agar dapat saling menjaga keamanan dan kenyamanan bersama khususnya di Kecamatan Teluk Batang. Guna mewujudkan semua itu, perlu adanya jalinan kerjasama dari berbagai  pihak. Termasuk mereka yang berkerja di Pelabuhan.

Kapolsek menjelaskan, mengenai tenaga kerja bongkar muat, tentunya harus terorganisir dan mampu menjaga keamanan saat berada di Pelabuhan dimana tempat mereka berkerja. Selaian itu, lanjut dia, diharapkan juga saat berkerja dapat saling berkoordinasi bersama pihak kepolisan setempat. Apabila terdapat masalah saat berkerja, diharapkan dalam penyelesaiannya tidak sepihak.

Kapolsek juga meminta, untuk yang berkerja sebagai bogkar muat, agar saling menjaga keamanan di tempat mereka berkerja. Diharapkannya pula, para pekerja dapat memberikan informasi, jika informasi tersebut diperlukan oleh petugas kepolisian. “Sedangkan untuk penjual tiket kapal klotok maupun spead boad harus dapat berkerja sama yang baik dan tidak berebut penumpang saat saat berkerja,” pesannya.

Sedangkan bagi tukang ojek yang saat itu juga hadir, Kapolsek memberikan saran agar dapat segera membentuk wadah komunitas tukang ojek, yang selanjutnya akan dibina oleh anggota Polsek. “Kita juga menyampikan kepada warga yang berkeja sebagai tukang ojek, baik di pelabuhan, maupun di pasar, agar dapat membentuk wadah mereka(Tukang ojek.Red) dan nantinya, kita akan lakukan pembinaan,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Kapolsek juga menyampaikan bagiamana cara untuk mematuhi peraturan lalu lintas, serta menyampiakan bagaimana untuk membuat SIM. “Bagi yang belum memiliki SIM agar dapat segera membuat,” pesannya.

Selanjutnya, untuk  warga yang berkerja sebagai penjaga malam maupun Satpam, harus dapat  mengontrol jam-jam dan tempat tempat rawan terjadinya pencurian.  Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, agar dapat segera berkoordiinasi dengan pihak polsek setempat. “Semoga saja apa yang telah kita sampaikan, dapat berguna dan diterapkan. Agar apa yang kita harapkan dapat terwujud,” harapnya. (lud)