Kapolda Kalbar Tak Bergeser

Dirlantas dan Diresnarkoba Diganti

770
Arief Sulystianto

Jakarta-RK. Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia merotasi sejumlah jabatan para perwira tinggi dan menengah di jajarannya.

Dalam dua Telegram Rahasia bernomor ST/2718/XII/ 2015 dan ST/2719/XII/2015 tanggal 31 Desember 2015 yang ditandatangani Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan atas nama Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, terdapat ratusan perwira yang dimutasi.

Dari sejumlah nama itu, ada pula perwira menengah dari jajaran Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Berdasarkan dokumen yang diperoleh wartawan, Jumat (1/1) lalu, dalam TR bernomor ST/2718/XII/ 2015, Direktur Lalu Lintas Polda Kalbar Komisaris Besar Supriyadi diangkat sebagai dosen Akademi Kepolisian Lembaga Pendidikan Kepolisian. Dia digantikan oleh Kombes Tulus Ikhlas Pamoji yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisi yang ditinggal Tulus dipercayakan kepada Kombes Mulia Hasudungan Ritonga, sebelumnya menjabat Kabdjianalis Ro RBP Srena Polri.

Posisi Wakil Dirlantas Polda Kalbar juga bergeser. AKBP Prianto Wadirlantas Polda Kalbar diangkat sebagai Dirlantas Polda Papua Barat. Tak cuma itu, Kombes Hendi Handono yang selama ini menjabat Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar dipindah sebagai Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Polri Lemdikpol. Dia bertukar posisi dengan Kombes Andi Dian R Djajadi.

Dalam TR nomor ST/2719/XII/2015 Kombes Pulung Rohmadianto Dirshabara Polda Sulteng diangkat sebagai Dirshabara Polda Kalbar. Dia menggantikan Kombes Badya Widaya yang kemudian diangkat sebagai Dirbinmas Polda Kepulauan Bangka Belitung. Sementara, posisi Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulystianto dan Wakapolda Kalbar Kombes Pol Joko Irianto tak mengalami pergeseran.

Sejumlah jabatan Kapolda dan Wakapolda serta Kepala Korps Brimob Polri juga terkena pergeseran. Dalam ST/2718/XII/2015 Kakorbrimob Polri Irjen Robby Kaligis diangkat sebagai Kasespim Polri.

Ia menggantikan Irjen Sadar Sebayang yang dimutasi sebagai Pati Lemdikpol Polri dalam rangka pensiun. Pengganti Kaligis adalah Brigjen Muraid Ismail yang sebelumnya merupakan Kapolda Maluku.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane mengapresiasi mutasi besar yang dilakukan Polri bertepatan dengan berakhirnya tahun 2015. “Mutasi ini merupakan perubahan besar di tubuh Polri, selain karena ada yang pensiun juga merupakan penataan komposisi personil menyongsong Tahun Baru 2016,” kata Neta, Jumat (1/1) lalu. (jpnn)