Kali Ini Catut Nama Kopassus

14

eQuator.co.id – ISU tentang kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) masih bertebaran di dunia maya. Bumbu-bumbu hoax yang menyertai isu itu juga semakin ngawur. Ada yang mencatut nama presiden, wakil ketua DPR, sampai Kapolri. Bahkan, Komando Pasukan Khusus atau Kopassus tak luput dari sasaran bahan fitnah.

’’Gempar…segera dibaca sebelum dihapus…!! Pesan telak Kopassus untuk PKI yang sekarang mulai bangkit!!..Waspada…’’ Begitulah judul bombastis dari artikel yang mencatut nama Kopassus. Belakangan, artikel sejenis dibuat oleh blog-blog tidak jelas dan tersebar di media sosial.

Salah satu blog yang menyebarkan kabar seperti di atas adalah duniamiliter88.blogspot.com. Dalam artikelnya tentang Kopassus, blog duniamiliter88 menjabarkan sejarah komunis di Indonesia. Tentu hanya sesuai dengan versinya.

Penjabaran sejarah tersebut dimulai dari 1960. Menurut blog itu, pada tahun tersebut, Presiden Soekarno meluncurkan slogan nasakom (nasional, agama, dan komunis) yang didukung penuh oleh PNI, NU, dan PKI. Blog itu juga menceritakan, pada 1998 hingga 2015, banyak pimpinan dan anggota PKI yang dibebaskan dari penjara.

’’Mereka jadi pihak yang diuntungkan. Sehingga kini mereka merajalela melakukan aneka gerakan pemutarbalikan fakta sejarah dan memposisikan PKI sebagai pahlawan pejuang kemerdekaan RI. Ideologi komunis tidak pernah mati selama setan masih ada di dunia,’’ tulis blog duniamiliter88.blogspot.com.

Pembuat pesan itu juga menyebutkan bahwa salah satu gerakan PKI yang kembali aktif adalah pementasan ludruk dengan lakon ’’Matine Gusti Allah’’. Di bagian akhir, mereka menulis tertanda Kopasuspemkom. Akronim dari Komando Pasukan Khusus Pembasmi Komunis.

Entah apa maksud istilah Kopasuspemkom itu. Yang pasti, judul artikel tersebut jelas-jelas menuliskan Kopassus. Bahkan, artikelnya memasang foto ilustrasi prajurit Kopassus yang sedang berbaris.

Saat dikonfirmasi, Kepala Penerangan Kopassus Letkol (Inf) Joko Tri menegaskan bahwa informasi yang mencatut instansinya itu hoax. ’’Jangan percaya yang mengatasnamakan Kopassus kalau tidak dari media resmi kami,’’ katanya.

Situs resmi Kopassus beralamat di kopassus.mil.id. Mereka juga memiliki akun Twitter dan Facebook yang telah terverifikasi dengan adanya tanda centang. Joko berharap polisi menindak para pembuat hoax yang mengatasnamakan lembaganya. ’’Kalau kami ngurusi hoax, habis energi kita. Biar kepolisian saja,’’ ujarnya.

Berdasar penelusuran, yang mengunggah artikel palsu terkait dengan Kopassus itu bukan hanya duniamiliter88.blogspot.com. Ada blog lain yang ikut mengunggah artikel yang sama. Di antaranya, dunia-militernews.blogspot.com, pasukanmiliter.blogspot.com, portal-militer212.blogspot, perampokadsense.net, dan info-militer88.blogspot.com.

Entah blog-blog di atas dikelola orang yang sama atau tidak. Namun, yang pasti, blog duniamiliter88.blogspot.com dikelola oleh akun Google+ Bunda Bahagia. Akun tersebut menggunakan foto seorang perempuan dengan nama file foto Lulu Susanti (seorang pendakwah sekaligus presenter).

Tampaknya, pemilik duniamiliter88 asal mencomot foto Lulu yang terlihat cantik itu. Sebab, Lulu memiliki personal website di www.daiah-lulu.com. Dia juga punya akun Twitter @lulususanti. Baik di personal website maupun akun Twitter-nya, Lulu tak pernah menyebarkan informasi yang berkaitan dengan blog duniamiliter88.blogspot.com.

Akun Bunda Bahagia yang mencatut nama Lulu Susanti tak hanya mengelola blog duniamiliter88. Banyak blog yang dikelola akun tersebut. Semuanya terindikasi hanya untuk ternak blog dan mendulang iklan online. Misalnya, resepbundaaktual.blogspot, ceritaaktual.blogspot.com, dan kabarberitaterunik7.blogspot.com.

Asal Anda tahu, blog duniamiliter88.blogspot.com dalam sehari bisa dikunjungi ribuan orang. Bisa bayangkan sendiri potensi pendapatan dari iklan online-nya. Jadi, jangan mudah percaya blog-blog yang tidak jelas ya. (Jawa Pos/JPG)

 

FAKTA : Kopassus tidak pernah membuat peringatan tentang kebangkitan PKI