Kades SBBL Terima Anugerah DMI

Sukses Kelola Dana Desa dan Pipanisasi Air Bersih

180
Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Marwan Jafar menyerahkan Anugerah Desa Membangun Indonesia kepada Kades Sungai Bakau Besar Laut, H Iwan Supardi. Pemdes Mempawah for Rakyat Kalbar

eQuator – Jakarta. Jejak Bupati Mempawah, Ria Norsan menerima penghargaan dari menteri, juga diikuti Kepala Desa (Kades) Sungai Bakau Besar Laut (SBBL), Kecamatan Sungai Pinyuh, H Iwan Supardi yang menerima Anugerah Desa Membangun Indonesia (DMI).
Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Republik Indonesia (RI), Marwan Jafar di Gedung Ecovention Ecopark Ancol, Jakarta, Rabu (2/12) lalu. “Desa Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah setelah dilakukan penilaian oleh Tim Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI pada Oktober lalu, dinyatakan berhak mendapat predikat Pelaksana Terbaik III se-Indonesia,” ungkap
Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ahmad Erani Yustika.

Iwan Supardi dinilai berhasil melakukan upaya penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Proses penilaian dilakukan di seluruh Indonesia secara transparan dan selektif. Hebatnya, penghargaan yang diraih Desa SBBL merupakan satu-satunya di Kalimantan Barat. Sementara untuk jenjang Bupati, anugerah serupa diterima Bupati Sanggau, Paulus Hadi.
Sementara itu, Kades SBBL, Iwan Supardi mengaku, tak menduga bakal terpilih sebagai salah satu penerima Anugerah DMI. “Saat Tim Kementerian turun pada Oktober lalu, kita secara terbuka memperlihatkan hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai dengan mengelola Dana Desa, termasuk proses sharing pembangunan dengan Pemkab Mempawah dan Pemprov Kalbar,” paparnya.
Dijelaskannya, ada dua point penting yang dianggap menarik oleh Tim Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI. Yakni, sukses melaksanakan program Dana Desa yang dialokasikan untuk nelayan, serta program pipanisasi air bersih di Desa SBBL. “Untuk alokasi nelayan, kita sharing dengan Pemkab Mempawah. Sementara pipanisasi air bersih, kita sharing dengan Pemprov Kalbar,” jelas Iwan Supardi.
Iwan Supardi mengaku sangat bersyukur dengan diraihnya penghargaan tersebut. Ia pun semakin termotivasi untuk menggalang dukungan masyarakat dalam membangun desa. “Tanpa dukungan dari masyarakat, segala program pembangunan tak akan terlaksana. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Pemkab Mempawah dan Pemprov Kalbar, yang telah memberikan perhatian untuk kemajuan desa kami,” ujarnya.

Reporter: Ari Sandy

Redaktur: Yuni Kurniyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here