Kabel Listrik Meledak, Lampu Rumah Warga Ikut Meledak

PLN Diminta Bertanggungjawab

216
ilustrasi. net

eQuator – Ngabang-RK. Masyarakat yang berdomisili di sepanjang ruas jalan Ngabang-Munggu dusun Martalaya desa Raja Kecamatan Ngabang mengeluhkan adanya ledakan kabel listrik yang terjadi Minggu (1/11) sekitar pukul 18.30.
Akibatnya, lampu milik warga pun banyak yang meledak dan putus. Hingga siang hari kemarin pun belum ada tanda-tanda perbaikan kerusakan kabel listrik yang dilakukan pihak PLN.
Ketua RT 15 Dusun Martalaya Desa Raja Kecamatan Ngabang, Devi Zulkarnain mengatakan peristiwa itu berawal ketika sekitar pukul 18.30 terjadi ledakan kabel listrik tepatnya di depan penginapan Karunia Ngabang.
“Melihat keadaan itu, wargapun langsung melaporkan hal ini ke PLN. Pihak PLN pun langsung menuju lokasi meledaknya kabel listrik dan berusaha melakukan perbaikan,” ujar Devi, Senin (2/11) di Ngabang.
Selang beberapa lama setelah dilakukannya perbaikan, listrikpun nyala kembali. “Namun meskipun listrik menyala, ternyata lampu milik hampir seluruh warga yang berdomisili di ruas jalan Ngabang-Munggu meledak dan putus. Di rumah saya saja ada lima lampu yang putus,” keluhnya.
Ia mengaku ketika menyalakan pengusir nyamuk elektrik, tidak berapa lama kemudian ia mencium bau hangus di kamar tidurnya. “Begitu saya bangun, saya melihat obat nyamuk listrik yang tadinya sudah saya colokan ke terminal listrik sudah hangus. Sayapun cepat-cepat mencabut kabel dari obat nyamuk listrik itu,” ungkapnya.
Setelah ia mencabut kabel obat nyamuk listrik, tak berapa lama kemudian stut kilo meter listrik, turun.
“Saya langsung mencabut kabel TV, kulkas dan kabel lainnya serta memadamkan kontak lampu yang terhubung ke listrik. Setelah itu saya langsung menaikan stut di kilo meter listrik dan lampupun menyala kembali,” katanya.
Ia menambahkan, setelah beberapa lama lampu menyala, tiba-tiba satu persatu lampu yang ada dirumahnya meledak dan putus. “Saya langsung melihat stut di kilo meter listrik. Tapi stutnya tidak turun. Namun demikian masih ada dua lampu yang masih menyala. Ketika tengah malam, listrik padam total,” lanjutnya.
Keesokan paginya, Devi banyak menerima laporan warga yang mengatakan kalau lampu di rumahnya banyak yang meledak dan putus.
“Ternyata bukan hanya lampu di rumah saya saja yang meledak dan putus. Hampir semua rumah warga di jalan Munggu juga mengalami hal serupa. Wargapun meminta pertanggungjawaban dari PLN,” pungkasnya.

 

Reporter: Antonius

Editor: Kiram Akbar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here