Kabar Bohong Menag Tewas gara-gara Sengatan Ikan Pari

24
HOAX

eQuator.co.id – PERISTIWA Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin tersengat ikan pari saat berlibur di Berau, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu, masih laku jadi bahan hoax. Sebuah blog clickbait yang memang doyan membuat hoax menyebut Menag meninggal dalam kejadian tersebut.

Blog itu ialah cpn-news.blogspot.co.id. Situs yang menjadi publisher ikan dari adnow dan payclick tersebut membuat berita dengan judul yang bombastis. ’’Innalillahi!! Akhirnya Menag Lukman Hakim yang Disengat Pari Menghembuskan Nafas Terakhir di ICU RSUD Abdul Rivai’’.

Blog itu mengaku mengutip kabar duka tersebut dari akun Twitter Fadli Zon. Dalam tulisan itu juga terdapat screenshot foto kicauan Fadli Zon di Twitter. Anehnya, ketika diklik, screenshot itu tidak mengarah ke halaman Twitter Fadli Zon atau ke file foto screenshot tersebut. Yang muncul justru halaman iklan.

Dari pencarian Jawa Pos pada tanggal saat terjadinya kecelakaan yang menimpa Menag, Fadli Zon tidak menuliskan kabar duka sebagaimana di atas. Kalaupun Fadli Zon menyebarkan kabar kematian Menag lewat Twitter, jejak digitalnya semestinya masih tersisa.

Menag memang tersengat ikan pari saat berlibur ke Berau. Dia sempat menjalani perawatan di rumah sakit setempat sebelum balik ke Jakarta. Hingga kini, kondisi politikus asal PPP itu baik-baik saja. Tampaknya, pengelola blog penyebar hoax tersebut perlu disengatkan ke ikan pari. (Jawa Pos/JPG)