Judul Palsu dari Berita Asli

16
HOAX

eQuator.co.id – ANDA perlu hati-hati ketika menemukan posting-an akun Instagram Sumbewaras. Sebab, beberapa konten yang diunggah akun itu terbukti memanipulasi screenshot judul berita di portal-portal mainstream.

Misalnya, unggahan screenshot berita dengan foto Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Di screenshot itu tertulis judul berita, ”SBY Tampak 20 Tahun Lebih Tua, Setelah Namanya Sering Disebut dalam Kasus e-KTP”. Screenshot tersebut menunjukkan logo portal berita Tribunnews.

Setelah ditelusuri, ternyata tidak ada judul berita seperti itu di situs Tribunnews. Screenshot tersebut ternyata hasil editan dari berita berjudul, ”Nama SBY Disebut dalam Sidang e-KTP, Dua Politisi Demokrat Bungkam”. Berita itu diunggah pada Kamis, 25 Januari 2018. Hingga kemarin, posting-an hasil manipulasi yang dilakukan akun Sumbewaras terkait SBY itu sudah di-like 481 pengguna Instagram.

Tak hanya itu, akun Sumbewaras juga mem-posting screenshot editan soal Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Kali ini mereka mendapat bahannya dari situs berita Kumparan. Pada 26 Januari 2018 Kumparan mengunggah berita berjudul, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Genjot yang Bagus”. Oleh akun Instagram Sumbewaras diedit menjadi, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Ngenyot yang Bagus”.

Akun Sumbewaras tidak mengklaim apa yang di-posting-nya sebuah editan. Atau sebuah parodi. Dengan demikian, posting-an-posting-an akun itu rentan dianggap sebuah kebenaran oleh beberapa netizen. Lebih-lebih netizen yang malas browsing untuk mencari kebenaran dari sebuah informasi yang meragukan. Jadi, jangan mudah percaya apa yang di-posting Sumbewaras, ya. Anggap saja akun itu memang kurang waras. (Jawa Pos/JPG)

Fakta : Akun Sumbewaras mengubah judul berita yang mereka ambil dari situs-situs berita mainstream, kemudian menyebarkannya lewat Instagram.