Juarai Ton Tangkas se-Kodam XII/Tanjungpura

Yonif 641 Raider

397
Arahan. Para prajurit dari berbagai satuan mendapatkan arahan terlebih dahulu dari Asops Kasdam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Hardo Sihotang sebelum lomba Ton Tangkas.-Istimewa/RK.

eQuator – Pontianak-RK. Yonif 641/Raider berhasil keluar menjadi juara umum pada lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) yang berlangsung pada 7-8 Desember lalu, di Yonif 641/Raider di Jalan Raya Pajintan Singkawang, Provinsi Kalbar.

Kejuaraan yang diikuti oleh Satuan Tempur (Satpur) dan Bantuan Tempur (Banpur) jajaran Kodam XII/Tanjungpura yang ada di Kalbar ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika ke-70.

Asops Kasdam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Hardo Sihotang mewakili Pangdam XII/Tanjungpura dalam siaran pers yang diterima Jumat (11/12) lalu, mengucapkan terima kasih atas semangat dan usaha maksimal yang telah ditunjukkan para peserta lomba Ton Tangkas.

“Kita semua sudah mengetahui upaya yang dilakukan peserta saat pelaksanaan lomba. Syukurilah hasil yang didapat dan jangan berkecil hati. Bagi satuan yang tidak mendapatkan juara, jadikanlah itu sebagai pengalaman dan ke depan untuk meningkatkan prestasi menjadi lebih baik. Yakni dengan belajar dan berlatih,” lugasnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa Pangdam XII/Tanjungpura telah memerintahkan agar kegiatan Ton Tangkas ini dapat diselenggarakan setiap triwulan. Dengan maksud menunjang kegiatan Ton Tangkas antar Kodam seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Mabes AD.

“Tujuan diadakannya perlombaan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan latihan yang dilakukan masing-masing satuan dan untuk memelihara kemampun prajurit dalam menjalankan tugas secara professional sesuai jabatannya,” terangnya.

Ada pun satuan-satuan yang ikut dalam kejuaraan ini, diantaranya Yonif 641/Raider, Yonif 642/Kps, Yonif 643/Wns, Yonif 644/Wls, Yon Armed 16/Tarik, Yonzipur 06/SD, Denkav 2/BC dan Tontaipur Brigif 19/KH. Masing-masing satuan peserta Ton Tangkas mengeluarkan tiga regu. Setiap regu terdiri dari 1 orang perwira, 2 orang bintara dan 7 orang tantama.

Setelah Yonif 641/Raider, juara kedua ditempati oleh Armed 16/TKP Ngabang dan Yonif 643/Wns sebagai juara ketiga. Beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Ton Tankas ini, diantaranya ilmu medan, kesamaptaan militer dan menembak. (fik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here