Jersey Retro Timnas Uni Soviet Dicap PKI

84
HOAX

eQuator.co.id – POSTINGAN Kha Athos di grup Facebook United Muslim Cyber Army bisa jadi membuat sejumlah orang terhasut. Dia menuding komentator sepak bola di televisi sebagai pendukung PKI. ’’Komentator Piala Dunia Dah Berani Terang-Terangan.’’ Begitu meme yang diunggah akun Kha Athos.

Komentator yang dimaksud Kha Athos tak lain Andi Bachtiar Yusuf. Dalam meme yang diunggah Kha Athos, Andi sedang mengenakan jersey timnas Uni Soviet. Di bagian dada sebenarnya jelas tertulis U.S.S.R alias Union of Soviet Socialist Republics (USSR). Memang lambang negara tersebut terdapat palu aritnya, lah memang dulu Partai Komunis berkuasa di sana. Jersey timnas sepak bola mereka pun terdapat lambang negara.

Meski Uni Soviet telah runtuh, jersey timnas sepak bolanya masih dijual. Masih diproduksi oleh Adidas. Menurut situs Adidas, jersey itu dibuat untuk merayakan Piala Dunia Rusia 2018 dan tim-tim besar pada era 90-an.

’’USSR Jersey. Merayakan turnamen terbesar dalam olahraga, Adidas membawa kembali perangkat ikonik yang dikenakan oleh tim-tim terbesar pada tahun 1990-an.’’ Begitu tulis Adidas pada jersey USSR yang dijual di situs resminya.

Kalau Anda berminat dan siap dicap PKI, jersey itu bisa dibeli dengan harga 69,95 pounsterling. Entah jersey yang digunakan oleh Andi Bachtiar Yusuf orisinal atau KW dari Tanah Abang. Hehehe. Yang pasti, jangan mudah mengecap seseorang sebagai PKI hanya karena dia ber-jersey Uni Soviet. (Jawa Pos/JPG)