Jembatan Kapuas Tayan Sudah Bisa Dilintasi Warga

402
SUDAH BISA LEWAT. Petugas tim kelayakan Jembatan Kapuas Tayan belum lama ini membuka portal dan membiarkan pengendara roda empat melintasi jembatan yang belum diresmikan itu. DESKA IRNANSYAFARA

Pontianak-RK. Aneh, dalam beberapa bulan terakhir, Jembatan Kapuas Tayan masih dalam tahap uji coba. Namun saat ini sudah dibuka untuk umum.

“Jembatan Tayan hampir 10 hari (terakhir) sudah dibuka untuk umum,” ucap anggota DPR Kalbar, H. Irvan Masyad ketika dihubungi Rakyat Kalbar tadi malam.

Sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalbar menyatakan mega proyek Rp1,1 triliun itu sudah selesai pengerjaannya. Tinggal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jembatan Kapuas Tayan baru akan dibuka setelah diresmikan Presiden Jokowi pada Juni mendatang. Namun saat ini warga sudah bisa melintasinya. Namun tetap dalam pengawasan tim kelayakan,” jelas Legislator Partai Golkar ini.

Beberapa hari terakhir ini, kendaraan jenis apapun dibiarkan melintasi jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan itu. Tujuannya untuk tes kekuatan jembatan. “Ketika mau peresmian nanti, ditutup dulu selama dua hari untuk sterilisasi,” katanya.

Sebelumnya, Camat Tayan Hilir Tony Kulung mengharapkan, Jembatan Kapuas Tayan segera diresmikan. Harapan ini mewakili warga yang bermukim di empat desa di sekitar kawasan jembatan.

“Warga sebenarnya sudah tak sabar. Tapi jembatan kita ini memang perlu uji coba,” katanya.

Tony berkeinginan, informasi peresmian Jembatan Kapuas Tayan tidak simpangsiur. “Warga dari berbagai desa banyak datang ke jembatan. Bukan untuk melihat peresmian, tapi untuk bertemu presiden,” jelas Tony.

Selama uji coba, dirinya dan jajaran terus memantau kondisi jembatan. Sehingga uji kelayakan bisa berjalan aman dan kondusif. “Minat warga Kalbar untuk melihat jembatan ini besar sekali. Setiap hari hampir ratusan orang berkunjung,” katanya. (dsk)