Jembatan Kapuas III Segera Dibangun?

1746
Ilustrasi.NET

eQuator.co.id – Sungai Raya-RK. Rencana pembangunan Jembatan Kapuas III yang terletak di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap segera dibangun lebih indah dari Jembatan Tayan dengan empat lajur kendaraan.

“Kita sudah melihat maket rencana pembangunannya. Dimana, rencananya badan jembatan itu akan dibangun dengan panjang 1,4 kilometer di muara Sungai Kapuas. Yakni dari titik Desa Sungai Rengas sampai di kawasan Jungkat dan melewati Pulau Panjang di kawasan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah,” ujar Kepala Dinas Cipta Karya, Kabupaten Kubu Raya, Chariril Rachmi, belum lama ini.

Ia menjelaskan, nantinya jembatan itu akan dibuat untuk empat lajur kendaraan. Berdasarkan perhitungan dari Departemen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI bahwa jembatan itu akan dibangun dengan ketinggian 36 meter dari permukaan air Sungai Kapuas. “Untuk tinggi keseluruhan jembatan 90 meter dan lebar empat lajur kendaraan. Ini akan dua kali lebar dari Jembatan Tayan,” tuturnya.

Dengan ketinggian dari permukaan air tersebut nantinya jembatan itu bisa dilalui kapal seperti KM Lawit dan sejenisnya.

Rencana pembangunan Jembatan Kapuas III diperkirakan akan menelan anggaran sebesar Rp7,3 triliun. “Dari hasil studi yang dilakukan Kementerian PU diperkirakan anggaran yang diperlukan untuk pembangunan Jembatan Kapuas III sebesar Rp1,3 triliun. Sedangkan untuk pembebasan lahan dan pembangunan jalan menuju jembatan itu diperkirakan memerlukan anggaran Rp6 triliun,” ujar Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta di Kota Pontianak, baru-baru ini.

Ia memastikan, pihaknya akan mendorong rencana pembangunan Jembatan Kapuas III itu, karena sifatnya memang mendesak. “Hari ini kita telah melakukan peninjauan langsung ke lapangan dan hasilnya akan kita sampaikan kepada rekan-rekan di MPR. Dan akan kita dorong kepada presiden agar ini bisa segera direalisasikan,” ujarnya. (Sul)