Jangan Sekedar Berseragam Pramuka

155
upacara penutupan kursus mahir dasar pramuka di halaman SMP Negeri 3 Mandor di desa Kayu Tanam. Sabtu (5/12).

eQuator – Mandor-RK. Camat Mandor, Rajiman meminta peserta Kursus Pembina Mahir Dasar (KMD) pramuka Kwarcab Landak mampu meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan sebagai pembina pramuka.

“Para peserta mampu mengembangkan, mengali dan mengamalkan dari hasil materi yang diterima,” katanya ketika menutup KDM di SMP Negeri 3 Mandor di desa Kayu Tanam kecamatan Mandor, Sabtu (5/12).
Peserta KMD ini nantinya bertugas membina pramuka dan mengaktifkan kembali kegiatan kepramukaan di sekolah, berkoodinasi dengan guru-guru agar kegiatan dan aktualitas pendidikan karakter dimasukan di mata pelajaran.
“Jangan hanya kegiatan kepramukaan itu ditanami pembina pramuka khusus. Tetapi upayakan pendidikan karakter, aktualisasi, karakter dan metode yang kita pelajari di pramuka ini bisa di integrasikan ke dalam mata pelajaran,” jelasnya.
Ia berharap KMD ini bermanfaat dan pendidikan kepramukaan bukan hanya formalitas. Pengetahuan, keterampilan dan pemantapan sikap yangdi peroleh dapat diaplikasikan langsung pada tempat tugas masing-masing. “Bukan hanya berseragam pramuka, tapi betul-betul diakstualisasikan dalam perilaku yang baik,” ingatnya.

Sebagai informasi, KDM digelar sebagai tindaklanjut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 81 A tahun 2013 atau yang diperbaharui tentang kurikulum yang menyebutkan, kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekrakurikuler wajib pendidikan dasar dan menengah.
“Maka kegiatan KMD ini dapat mendukung dan mempersiapkan kegiatan kepramukaan di sekolah bisa berjalan dengan baik,” katanya. (KiA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here