Jangan Abaikan Kebersihan

66
ilustrasiorang menyapu

Mempawah. Mencegah lebih penting daripada mengobati. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mempawah gencar menginformasikan tata cara menjaga kesehatan. Pasalnya, masyarakat masih menganggap enteng menjaga kebersihan.
Kepala Bina Kesehatan Masyarakat dan Farmasi Dinkes  Mempawah, Sahaerul Faridin mengatakan, poin utama bagi seluruh masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh, melalui menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungan rumah. “Ini memang sangat sepele dan kerap diacuhkan oleh masyarakat. Menganggap kebersihan hanya untuk style saja. Padahal, kunci utama dalam kesehatan agar terhindar dari penyakit apa saja,” ungkapnya, belum lam ini.
Menurutnya, bersih sangat luas sekali cakupannya. Dari cara melaksanakan kegiatan hingga perbuatan, serta makanan yang masuk ke tubuh perlu mendapat perhatian. Sehingga semuanya bisa terpantau dan tidak ada bakteri atau bibit penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. “Kebersihan tidak hanya baik dari segi kesehatan. Bahkan dalam agama saja kebersihan sangat dianjurkan dan merupakan sebagian dari pelaksanaan ibadah. Untuk itu, masyarakat yang ingin hidup sehat harus memperhatikan kebersihan,” ungkapnya.
Dia menegaskan, lebih baik mencegah ketimbang mengobati setelah terjadi sakit. “Lakukan hidup sehat mulai dari keluarga dan lingkungan tempat tinggal, maka penyakit tak mudah masuk,” imbaunya. (sky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here