Jadi Pengusaha Tak Cukup Modal Finansial

125
Abdul Harits

eQuator – Pontianak-RK. Seorang pengusaha tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan finansial atau modal semata. Butuh keberanian untuk memulai.

“Untuk saya pribadi, menjadi wirausaha butuh lebih hanya dari sekedar modal finansial. Bahkan ada modal utama lagi yang lebih penting yaitu teman dan keberanian kita untuk memulai,” kata Abdul Harits, seorang pengusaha Kalbar kepada Rakyat Kalbar, Rabu (27/1).

Selain itu, khususnya kepada pengusaha start up atau pemula harus memiliki perhitungan yang matang sebelum memilih usaha apa yang tepat untuk dirinya. Akan lebih baik jika yang bersangkutan memang memiliki hobi pada bidang tertentu. “Mulai dari sesuatu yang disenangi. Boleh dari kecil jika kemampuan financial terbatas juga bisa dari investor. Investor bisa dari teman maupun mitra usaha lainnya,” kata pemilik PT Bintang Karindo yang bergerak di bidang jasa expedisi / cargo, PT Nadi Khatulistiwa yang bergerak di bidang Tour and Travel, Harmoni Group yang bergerak dibidang Kontraktor dan Properti Perumahan, dan Uduk Kapuas Kuliner yang menyajika kuliner khas Nasi Uduk Pontianak ini.

Yang lebih penting dari semuanya, kata dia, seorang pengusaha dapat menjalin hubungan baik dengan semua pihak. “Saya contohnya, tidak memiliki ilmu yang baik mengenai beberapa usaha tersebut namun saya senang berwirausaha dan saya punya teman-teman yang hebat untuk bisa berbagi. Tapi intinya itu, jangan takut buat berwirausaha,” ujarnya. (fik)